Kamis, 16 Mei 2024

Tips Sehat Memasuki Usia 20an

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pinterest

Memasuki usia 20-an sudah seharusnya anda lebih memperhatikan kesehatan anda. Ini diakrenakan mungkin tubuh tampak mentolerir gaya hidup atau diet tidak sehat di masa muda Anda, tetapi resistensi ini bisa hancur saat usia bertambah.

“Kebiasaan sehat akan melekat pada Anda selama sisa kehidupan dewasa Anda. Karena itu penting untuk membangun fondasi yang kuat untuk mencapai kesehatan yang hebat pada tahap awal ini,” kata Dr. Nesochi Okeke-Igbokwe, seorang dokter asal New York City yang dilansir Antara.

Berikut kebiasaan sehat yang bisa Anda mulai:

1. Kurangi Gula

Beberapa dari kita mungkin sudah terbiasa bergantung pada gula untuk mendapatkan energi. Sekarang adalah waktu terbaik untuk mengurangi konsumsi sumber-sumber manis seperti sereal sarapan atau soda bergula.

The American Heart Association mengingatkan konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan diabetes dan obesitas. Sebaiknya, berusaha minum lebih banyak air dan menikmati porsi buah dan sayuran setiap hari.

2. Biasakan Tidur Teratur

Tidur terganggu adalah konsekuensi seiring penuaan. Jadi sekarang adalah waktu terbaik untuk membuat kebiasaan cukup istirahat dan menjaga ritme yang sehat.

Kelelahan dan kantuk bisa berbahaya karena dapat memengaruhi kinerja akademik atau di tempat kerja dan bahkan menyebabkan kecelakaan. Selain itu, kurang tidur dapat secara perlahan menyebabkan masalah seperti peradangan, penuaan dini, dan memori yang buruk.

Mengambil beberapa langkah mudah, seperti mengurangi penggunaan smartphone di tempat tidur dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas tidur.

3. Lindungi Kulit

Bahkan jika Anda bebas masalah jerawat saat remaja, namun Anda perlu mengawasi faktor-faktor tak terlihat itu sekarang. Biasakan membasuh wajah secara teratur, tidak tidur dengan riasan, mendapatkan cukup vitamin, dan langkah-langkah sehat lainnya.

Para ahli berulang kali merekomendasikan tabir surya sebagai bagian dari rutinitas kulit, bukan hanya untuk melindungi terhadap tanda-tanda penuaan tetapi juga kanker kulit.

4. Bangun Kekuatan Tulang

Tubuh Anda mencapai massa tulang puncak antara usia 25 dan 30 tahun. Setelah periode ini, bisa sangat sulit membangun kekuatan tulang.

“Mencegah osteoporosis tergantung pada dua hal, membuat tulang kuat dan padat selama 30 tahun pertama kehidupan dan membatasi jumlah keropos tulang di masa dewasa,” kata Harvard ilmuwan dari T.H. Chan School of Public Health.

Berdasarkan informasi yang dilansir Medical Daily, untuk memastikan tulang sehat melewati usia 30 tahun, konsumsilah jumlah kalsium yang cukup dan lakukan latihan untuk tulang. (ant/tna/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs