Sabtu, 20 April 2024

Ubaya Choir Ukir Prestasi Internasional di 4th Asia Cantate 2018

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ubaya Choir saat berlaga di Hongkong, dan berhasil merebut 2 medali emas. Foto: Humas Universitas Surabaya

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Universitas Surabaya (Ubaya) terbang ke Chai Wan, Hongkong untuk bertanding di 4th Asia Cantate 2018, dan Selasa (4/12/2018) diterima kabar berhasil merebut 2 medali emas.

“Untuk proses persiapan, kami latihan rutin selama 2 – 3 jam setiap harinya sejak bulan Juni hingga November 2018 bersama pelatih sekaligus konduktor kami, Bagus Syafrieza Paradhika. Seleksi suara juga dilakukan untuk menentukan komposisi tim yang pas,” terang Agnes Kalika Anindita Ketua UKM Paduan Suara Ubaya.

Mudianita Ambasuli, S.Psi., Pembina Ubaya Choir menambahkan jika persiapan dilakukan secara maksimal untuk meraih hasil yang terbaik.

“Banyak dukungan kami dapatkan, mengingat ini juga kali pertama Ubaya Choir mengikuti ajang internasional di luar negeri. Selain dukungan dari pihak kampus, kami juga didukung oleh Gubernur Jawa Timur karena satu-satunya tim yang mewakili Jawa Timur dalam Asia Cantate 2018,” ujar Mudianita.

Ubaya Choir yang terdiri dari 30 penyanyi ini bertanding dalam dua kategori, yaitu Mixed Voices dengan lagu Es Spricht der Tor in seinem Herzen, Song At Dusk dan Gayatri, serta kategori Folklore menyanyikan lagu Kicir-Kicir dan Janger. Lagu Fajar dan Senja II telah dipersiapkan apabila masuk dalam babak Grand Final.

Selain latihan vokal, Ubaya Choir juga rutin melakukan latihan fisik seperti plank, sit up dan gerakan lainnya yang berguna untuk pernapasan dan daya tahan tubuh. Ubaya Choir juga berkolaborasi dengan UKM Tari untuk melatih koreografi yang akan ditampilkan saat lomba.

Tercatat beberapa penghargaan tingkat nasional dan internasional dalam negeri yang telah diraih oleh Ubaya Choir, diantaranya Gold Medal Kategori Mixed Youth & Gospel Spiritual dalam 5th Bali International Choir Festival 2016, Gold Medal Kategori Musica Sacra & Gospel Spiritual dalam Pesta Paduan Suara Gerejawi Mahasiswa Nasional XIV 2016 di Medan, Gold Medal Kategori Religiosa dalam Satya Dharma Gita National Choir Festival 2017 di Semarang.

“Walaupun tegang, tapi kami sangat excited mengikuti perlombaan ini. Kami berkomitmen untuk fokus dan memberikan yang terbaik, sehingga bisa mengharumkan nama Ubaya dan juga Indonesia,”pungkas Agnes Kalika Anindita.

Informasi yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (4/12/2018), tim paduan suara Ubaya Choir berhasil membawa pulang dua medali emas untuk kategori Folklore dan Mixed Choir.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs