Jumat, 26 April 2024

Bahan Kimia dalam Sabun Bisa Tingkatkan Risiko Osteoporosis

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi osteoporosis. Foto: Shutterstock

Bahan kimia yang banyak digunakan sebagai antibakteri dalam sabun, pasta gigi, dan produk perawatan pribadi lainnya lebih mungkin mengembangkan osteoporosis, menurut sebuah studi dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Triclosan, bahan kimia ini mengganggu endokrin dan telah dilarang Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) dalam beberapa tahun terakhir, seperti dilansir Antara.

Peneliti mengklaim studi ini menjadi yang pertama menyelidiki hubungan antara paparan triclosan dengan kepadatan mineral tulang dan osteoporosis, demikian dilansir Indian Express, Kamis (27/6/2019).

“Studi laboratorium telah menunjukkan triclosan mungkin berpotensi berdampak buruk terhadap kepadatan mineral tulang dalam garis sel atau pada hewan,” kata Yingjun Li, Hangzhou Medical College School of Public Health di China.

“Namun, sedikit yang diketahui tentang hubungan antara triclosan dan kesehatan tulang manusia,” kata Li.

Untuk keperluan studi, para peneliti menganalisis data dari 1.848 orang wanita agar bisa mengetahui hubungan antara triclosan dan kesehatan tulang.

Peneliti menemukan wanita dengan kadar triclosan yang lebih tinggi dalam urin mereka lebih cenderung memiliki masalah tulang. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs