Jumat, 28 Januari 2022

Kendalikan Hipertensi dengan Jaga Berat Badan dan Patuhi Pengobatan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Mengelola hipertensi agar mencapai tekanan darah sesuai target bisa dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat, menurut Dr Tunggul D.Situmorang,Sp.PD-KGH,FINASIM Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI).

Selain itu, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, dia juga menyarankan pasien sebaiknya menjaga berat badan ideal dan mengurangi asupan garam.

“Kepatuhan pasien menjalani pengobatan, pengukuran tekanan darah secara benar dan berkala juga menjadi hal yang sangat penting dalam pengendalian hipertensi,” kata Tunggul kepada Antara.

Sesuai dengan Konsensus Penatalaksanaan Hipertensi 2019, pasien dengan tekanan darah ≥ 140 mmHg / ≥ 90 mmHg diperlukan inisiasi obat untuk menurunkan tekanan darah.

Pengendalian tekanan darah sesuai target dapat mencegah 35 – 40 persen kejadian stroke, 20 – 25 persen serangan jantung koroner dan 50 persen kejadian gagal jantung.

Fakta menunjukkan hipertensi umumnya tidak hanya sendiri, tapi selalu disertai adanya faktor risiko lain atau bersama-sama dengan penyakit lain, misalnya diabetes, kolesterol dan lain-lain.

Oleh karena itu, pengobatan hipertensi tidak hanya sekedar menurunkan tekanan darah, tetapi juga mengobati faktor risiko lainnya.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Jumat, 28 Januari 2022
25o
Kurs