Jumat, 29 Maret 2024

Pemeran Chewbacca dalam Film Star Wars Meninggal Dunia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Peter Mayhew, pemeran Chewbacca pada "Star Wars" tahun 1977. Foto: ANtara/ho

Peter Mayhew yang dikenal oleh penggemar “Star Wars” sebagai Wookiee Chewbacca meninggal dunia pada usia 74 tahun.

Menurut laporan Hollywoodreporter, Jumat (3/5/2019) aktor itu meninggal pada Selasa (30/4/2019) waktu setempat di kediamannya di Texas Utara dengan keluarganya di sisinya. Akun Twitter resmi Mayhew membagikan berita tersebut pada Kamis (2/5/2019).

Mayhew sebelumnya telah menjalani operasi tulang belakang pada Juli untuk memperbaiki mobilitasnya, seperti dilansir Antara.

Aktor asal London ini berperan sebagai Chewbacca dalam “Star Wars” (1977), “Return of the Jedi” (1983), “Revenge of the Sith” (2005) dan “The Force Awakens” (2015).

Mayhew juga sempat bermain sebagai cameo dalam film fantasi Ray Harryhausen yang berjudul “Sinbad and the Eye of the Tiger (1977). Di saat yang sama Mayhew juga bekerja di rumah sakit saat mengikuti casting untuk Chewbacca.

Dia terpilih karena fisiknya sangat sesuai dengan keinginan sang sutradara, George Lucas yang membutuhkan seseorang yang lebih tinggi dari Darth Vader.

Keluarga besar “Star Wars” pun memberikan penghormatan pada Mayhew untuk dedikasinya selama ini terhadap karakter yang dia perankan.

“Peter adalah pria yang luar biasa. Dia adalah manusia yang paling dekat dengan Wookiee: hati besar, sifat lembut … dan aku belajar untuk selalu membiarkannya menang. Dia adalah teman yang baik dan aku sedih dengan kepergiannya,” kata Lucas dalam sebuah pernyataan.

“Peter Mayhew adalah orang yang baik dan lembut, memiliki martabat dan karakter yang mulia. Aspek-aspek kepribadiannya sendiri, ditambah kecerdasan dan keanggunannya, dia bawa ke Chewbacca,” ujar Harrison Ford yang berperan sebagai Han Solo.

“Kami adalah mitra dalam film dan teman-teman dalam kehidupan selama lebih dari 30 tahun dan saya mencintainya. Dia menginvestasikan jiwanya dalam karakter dan membawa kesenangan besar bagi penonton “Star Wars”. Chewbacca adalah bagian penting dari keberhasilan film yang kami buat bersamanya,” kata Ford.

“Saya dan jutaan orang lain tidak akan pernah melupakan Peter dan apa yang dia berikan kepada kita semua. Doa saya untuk istri tercintanya, Angie dan anak-anaknya. Pergilah dengan tenang sahabatku,” lanjutnya.

Sebuah upacara penghormatan yang bersifat tertutup akan dilangsungkan pada 29 Juni dan akan ada acara pertemuan dengan para penggemar di EmpireConLA pada Desember.

Peter Mayhew pergi meninggalkan seorang istri, Angie dan tiga anaknya. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs