Selasa, 23 April 2024

10 Pesohor Ini Memilih Menanam Sayur dan Buah Saat Pandemi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Atiqah Hasiholan menunjukkan daun kale hasil panen dari kebunnya. Foto : Instagram Atiqah Hasiholan

Berkebun bisa jadi salah satu kegiatan positif untuk mengusir perasaan tidak nyaman selama pandemi Covid-19. Selain itu, aktivitas ini juga bisa menguntungkan secara ekonomi.

Sebagian orang memilih menanam kaktus, sukulen, atau berbagai jenis tanaman keladi yang unik nan indah. Sebagian lainnya, memilih tanaman yang bisa dikonsumsi bersama keluarga. Mulai sayur-sayuran lokal yang umum ditanam, sampai buah-buahan penuh gizi bisa jadi pilihan.

Luas lahan kini bukan masalah. Jika cukup luas, berkebun bisa dilakukan secara konvensional, langsung di tanah atau pot. Sedangkan lahan sempit seperti di rumah perkotaan atau apartemen, bisa diakali dengan metode hidroponik.

Berikut 10 tokoh publik yang mengisi waktu dengan berkebun, menaman sayur dan buah selama pandemi Covid-19.

1. Atiqah Hasiholan

Atiqah Hasiholan membagikan foto hasil panen aneka sayuran hidroponik miliknya lewat akun Instagram-nya. Mulai bayam hingga kale sudah bisa dipanen di kebun hidroponiknya. Dalam salah satu unggahannya, Atiqah memanen bayam bersama Salma, putrinya. Kemudian sayur itu dia masak menjadi menu sayur bening.

Menurut istri Rio Dewanto ini, ternyata merawat tanaman hidpronik cukup gampang, terutama untuk orang yang punya lahan terbatas.

2. Giring

Giring menanam bayam dan selada di green house kecil miliknya. Giring mengaku sangat menikmati aktivitas berkebunnya. Kegiatan berkebun termasuk saat memanen hasilnya, kata Giring, adalah waktu berkualitas bersama sang istri.

3. Ayudia Bing Slamet

Selama #dirumahaja, Ayudia Bing Slamet jadi punya rooftop garden. Ibunda Sekala ini mengaku terinspirasi dari para chef dunia yang punya kebun sendiri dan tinggal petik kalau mau memasak.

 

View this post on Instagram

 

Welcome to my 90% edible rooftop garden! Hampir semua yang ada disini bisa dimakan! Sebenernya udh punya impian lama bgt begini kayaa chef2 luar negeri yang tinggal ambil bahan makanan di halamannya. Karena keterbatasan space rumah, jadilah di balkon saja. Ternyata alhamdulillah ada keberuntungan tersendiri dimana posisi rumahku menghadap ke matahari terbit dan masih dapat beberapa area sinar di sore harinya. Seneng banget juga sekarang banyak toko online tanaman yang jual tanaman konsumsi jadi tinggal rawat. Ah! Gak nyangka nih bs begini. Terharu sumpah… Belum tentu bisa begini kalau gak ada momen WFH-WFH~ selalu percaya kalau semua orang itu #greenthumb atau tangannya dingin. Yang membuat gagal mungkin cuaca skala kecil di rumahh (terhalang tembok, kurang dapat paparan sinar dan sebagainya) -informasi ini aku dapet dr Masterclass kelasnya Ron Finley. Pokoknya semangat terus cari aktivitas seru dirumah gak mesti menanam ya apa aja. Yuk belajar sama-samaaaak! Semangat lawan pandemi!!!

A post shared by Ayudia C (@ayudiac) on

4. Rara Sekar dan Ben Laksana

Hobi berkebun sejak dulu, membuat pasangan suami-istri Rara Sekar dan Ben Laksana memenuhi halaman rumah dengan berbagai tanaman. Bukan cuma bumbu dapur saja, tapi juga buah-buahan seperti tomat. Mereka pun kerap membagikan suka-duka merawat tanaman yang harus berhadapan dengan cuaca ekstrem.

 

View this post on Instagram

 

Homegrown tomatoes 🍅 #rarabenhomegarden

A post shared by Rara Sekar (@rarasekar) on

5. Tantri Namirah

Tantri Namirah, istri Haykal Kamil, menanam tomat dan beberapa jenis sayuran selama pandemi. Tantri mengatakan bahwa berkebun adalah hobi barunya sejak awal Januari lalu. Dia mengaku bahagia bisa memanen kangkung yang ia tanam sendiri di pot.

6. Surya Saputra

Surya Saputra memanfaatkannya taman depan dan belakang rumahnya untuk menanam buah nangka hingga cabai. Dalam salah satu unggahan Instagram ayah dua anak ini memamerkan buah nangka hasil panennya sendiri.

 

View this post on Instagram

 

seneng dapet hasil dari taman depan dan belakang..

A post shared by surya saputra (@suryasaputra507) on

7. Dewi Sandra

Di masa pandemi seperti saat ini, Dewi Sandra semakin punya banyak waktu di rumah. Dalam salah satu storygramnya, Dewi mengungkapkan perasaan senangnya bisa memanen selada hasil hidroponik yang dia tanam sendiri.

8. Arifin Putra

Aktor Arifin Putra menanam tanaman buah tomat ceri untuk mengisi waktu luangnya selama pandemi. Di apartemennya, Arifin juga memiliki komposter kecil dengan sampah-sampah organik, dan kebun hidroponik.

Meski rasanya tidak terlalu manis, Arifin menyebut terdapat kepuasan tersendiri ketika tomat ceri yang ia tanam dipanen dan dinikmati bersama keluarga dan kerabatnya.

Memes

Memes tertarik menanam sayur di rumah sendiri dengan cara hidroponik karena terbatasnya lahan di kota besar. Penyanyi berusia 54 tahun tersebut tidak dapat menutupi antusiasmenya dapat memanen sayur bayam yang siap untuk dimasak.

Berdasarkan penjelasan di YouTube Memes Adisaputra, ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk memulai menanam hidroponik. Dua alat yang paling penting dalam hidroponik adalah pH meter untuk melihat keasaman atau kebasaan air. Alat ini yang menentukan air bisa dipakai atau tidak untuk menanam.

Alat penting selanjutnya adalah TDS meter yang berfungsi untuk mengecek nutrisi yang ada di dalam cairan hidroponik. Alat lain adalah timer untuk mematikan dan menyalakan air, baki, bibit-bibit tanaman, net pot, busa, gunting, gelas untuk memberi air, rockwool, dan nutrisi hidroponik A dan B.

Perlu diketahui, rockwool merupakan media hidup tanaman yang sangat baik menyerap air. Alat ini terbuat dari batu yang dihancurkan dan dijadikan seperti benang.

 

View this post on Instagram

 

kehidupan di kota besar yg memberikan keterbatasan lahan membuat kita hrs berfikir bgm cara yg efektif u/ menanam sayuran yg kita inginkan didlm rumah sendiri & kebetulan saya ingin belajar urban farming, maka saya memutuskan utk mempelajari hydrophonic! so im very happy to see some true leaves growing 🍀☘🌿🍃 . ingin belajar kah? yuk ntn video lengkapnya di youtube channelku Memes Adisaputra , please jangan lupa Subscribe ,like dan comment jg yaa link in my bio 😉 Terima kasih.. selamat mencoba #urbanfarming #petanikota #berkebun #sayursehat #belajarsajadulu #hydrophonic #hydrophonicsystem #organic #herb #spinach #learningtogrow #growyourownfood. . . video by me 😉 editor by @zylian_entertainment

A post shared by Memes (@memes605) on

Ignasius Jonan

Setelah delapan bulan pensiun dari jabatannya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Kabinet Indonesia Kerja, Ignasius Jonan menggeluti hobi baru yaitu bertanam hidroponik. Hobi itu datang dari keinginannya untuk bisa mengkonsumsi sayur-mayur hasil panennya sendiri.

Menurutnya, aktivitas berkebun bisa menginspirasi jiwa. Halaman hingga atap rumahnya yang disulap menjadi kebun kecil. Beberapa sayuran yang sudah berhasil dipanen adalah sawi, bayam, dan kangkung. (berbagai/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs