Sebanyak 16 musisi lokal berkolaborasi dalam sebuah lagu yang berjudul “Menjaga Dunia”, yang didedikasikan untuk Indonesia dan dunia yang tengah berjuang melawan pandemik virus corona (Covid-19).

16 musisi yang tergabung dalam lagu ini adalah Rian “d’Masiv”, Anji, Judika, Titi DJ, Lala Karmela, Vidi Aldiano, Pamungkas, Rizky Febian, Cita Citata, Ilham “HIVI!”, Neida “HIVI!”, Claudia Emmanuela, Ifan “Govinda” serta musik dari Ade “Govinda”, Jeje “Govinda” dan Dimas Joey.

Ade selaku pencipta lagu dan produser mengatakan “Menjaga Dunia” cukup berbeda dari tema lagu yang dipersembahkan untuk Covid-19. Sebab, ia membuatnya lebih lembut dan ditambah dengan bumbu percintaan.

“Lagu tentang Covid-19 kan udah banyak ya dan bagus-bagus. Tapi ini kita bikin lebih ada cinta-cintaannya kayak orang yang pacaran jaga jarak dan lainnya,” kata Ade dalam jumpa pers melalui Zoom, dilansir Antara, Senin (6/4/2020).

Semua musisi yang terlibat melakukan proses rekaman di tempat yang berbeda. Hasil rekaman dari masing-masing musisi pun dikirimkan melalui email. Setelah semua vokal dan musik terkumpul, barulah Ade menggabungkannya menjadi satu.

Bagi Titi DJ dan Anji, rekaman seperti ini adalah hal yang baru. Menurut mereka, ternyata dalam suasana yang serba terbatas hal apapun tetap dapat dilakukan dengan maksimal.

“Saya merasa ini adalah pengalaman baru, saya udah lama di industri musik tapi ternyata ada hal baru yang saya pelajari,” ujar Titi.

“Ini pertama kalinya ya. Gue rasa bagi pelaku industri banyak hal baru yang dipelajari. Kayak press conference ini beda banget dan jadi sesuayu yang canggih banget gitu. Ya ternyata kita bisa tapi ya masih aneh,” lanjut Anji.

“Menjaga Dunia” mulai bisa didengarkan melalui berbagai platform musik digital mulai hari ini. (ant/ang/ipg)