Sabtu, 20 Agustus 2022

Era New Normal, Praktisi Fesyen Surabaya Rasan-rasan di Webinar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
flyer

Bagaimana fesyen di era new normal nanti, seperti apa bentuknya, Kamis (4/6/2020) sejumlah praktisi dan pemerhati fesyen Kota Surabaya berdiskusi secara daring dalam Panggung Fesyen di Era New Normal.

Membincangkan bagaimana fesyen di era new normal, dan seperti apa bentuknya, sejumlah praktisi, pengajar dan pemerhati fesyen di Kota Surabaya, Kamis (4/6/2020) mendiskusikannya secara daring dalam tajuk Panggung Fesyen di Era New Normal.

“Karena ada banyak kebiasaan baru seiring dengan terjadinya pandemi Covid-19. Protokol kesehatan dalam kaitannya dengan pencegahan penyebaran Covid-19 memunculkan tatanan baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terbayangkan. Ini tentunya menarik untuk didiskusikan,” terang Ditto Pramudito penggagas webinar.

Protokol kesehatan dengan memakai masker misalnya, mau tidak mau harus dan wajib dipatuhi oleh semua orang. Demikian juga dengan menjaga jarak antara satu orang dengan orang lainnya, atau jaga jarak diberlakukan di hampir setiap aktivitas masyarakat.

“Tentunya hal ini juga akan memberikan pengaruh pada penampilan seseorang yang beraktivitas di luar rumah. Kalau biasanya hanya memperhatikan padu padan pakaian, saat ini bisa jadi harus memikirkan juga masker apa yang dipakai. Faktanya saat ini memang muncul aneka macam dan bahan serta jenis masker kan?” tanya Ditto.

Ada juga sejumlah tempat saat ini yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain pemeriksaan suhu tubuh, juga mewajibkan pengunjung memakai masker, bahkan ada juga yang mewajibkan pengunjung juga memakai face shield, serta wajib patuh dengan jaga jarak.

“Mungkin saja nanti di era new normal itu akan ada rancangan pakaian, atau seragam kerja yang juga menambahkan masker atau bahkan face shield sebagai bagian dari pakaian keseharian itu. Itulah menariknya diskusi ini. Dan cepat atau lambat menurut kami protokol kesehatan itu juga akan memberikan pengaruh pada fesyen di era new normal nanti,” tegas Ditto mantan wartawan koran harian di Kota Surabaya.

Sederet praktisi dan pelaku industri fesyen di Kota Surabaya, dijadwalkan hadir sebagai nara sumber pada webinar dengan tema: Panggung Fesyen di Era New Normal, diantaranya Aryani Widagdo pengamat fesyen, Embran Nawawi designer dan pengajar, dan Hadi Reksa kreator sekaligus owner kaos Jaga Jarak.

Hadi Reksa nara sumber webinar yang juga owner kaos Jaga Jarak, Kamis (4/6/2020) pada suarasurabaya.net, menyampaikan bahwa yang pasti di era new normal akan muncul kreativitas-kreativitas baru dalam kaitannya dengan fesyen, termasuk desain-desain kaos kata-kata seperti produksinya.

“Kalau kemarin di awal pandemi, produk kami booming dengan desain kata-kata mengacu pada protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, seperti Jaga Jarak dan sebagainya, di new normal pasti akan muncul pesan-pesan kreativitas baru lainnya. Kalau tidak menggali ide terus, pelaku usaha seperti kami akan menggali kubur sendiri. Pasti ada yang baru,” pungkas Hadi Reksa.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
29o
Kurs