Sabtu, 11 Mei 2024

Indonesiana, Kompetisi yang Ingin Kenalkan Lagi Karya Musisi Indonesia

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan

Kompetisi musik bertajuk “Festival Indonesiana 2020” di TS Suite Sutos Surabaya pada Sabtu (29/2/2020), punya tujuan mengenalkan lagi karya-karya musisi asli Indonesia.

Patrisna Meiwiduri Direktur Festival Indonesiana mengatakan, seluruh peserta baik dari kategori Vocal Pop, Vocal Klasik, hingga instrumen Piano dan Gesek, wajib membawakan lagu asli karya musisi Indonesia.

Beberapa lagu dari nama kondang komponis Indonesia seperti Ibu Sud, AT Mahmud, Ismail Marzuki, hingga Guruh Soekarnoputra dan Eros Djarot wajib dibawakan di festival ini.

“Awalnya, berangkat dari kecintaan kami pada musik Indonesia. Kami melihat bahwa generasi muda sekarang, anak-anak remaja semakin jauh dari musik Indonesia, yang sebenarnya bagus-bagus. Tahu kan, lagu anak Indonesia jarang terdengar. Mereka lebih banyak nyanyi lagu pop dewasa, yang sebenarnya tidak diciptakan untuk anak seusia mereka. Lagu-lagu daerah. Itu jarang dibawakan untuk event kompetisi,” ujarnya di lokasi pada Sabtu (29/2/2020).

Salah satu peserta “Festival Indonesiana 2020” di TS Suite Sutos Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Ia berharap, legacy atau peninggalan musik di masa lalu ini bisa kembali diangkat dan didekatkan lagi pada anak muda sekarang.

“Secara umum, saya lihat, sekarang kalau lihat kompetisi vokal, di mall atau sanggar, banyak sekali lagu berbahasa asing. Frozen, K-Pop, Beyonce, dan sebagainya. Anak-anak familiar dengan itu, sementara, mungkin itu menarik, Tetapi, kalau itu kita tidak imbangi dengan penyadaran dan memopulerkan lagi lagu asli Indonesia, lama-lama ditinggalkan,” kata Patrisna yang juga Art Director Amadeus Enterprise ini.

Sebagai informasi, di tahun kedua penyelenggaraan kompetisi ini, sebanyak 130 musisi muda menjadi peserta, mulai dari Jawa Timur, Bali, Jogjakarta, Jateng, Jabar, dan DKI Jakarta. (bas/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
29o
Kurs