Selasa, 21 Mei 2024

Rika Roslan: Emil Akan Membuat Surabaya Jadi Kota Musik Indonesia

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rika Roslan mengundang Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur naik ke Kapal Api Stage. Foto: Bistar Jazz Traffic Festival 2019

Setelah dua lagu, Rika Roslan mengundang Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur naik ke Kapal Api Stage. Dia bilang, Emil adalah sahabatnya sejak lama.

“Sekarang jadi Bapaknya Jawa Timur. Beliau yang akan buat Surabaya jadi Kota Musik Indonesia,” katanya kepada penonton Bistar Jazz Traffic Festival 2019, Sabtu (14/9/2019).

Duetnya dengan Rika, kata Emil, mereka persiapkan dalam waktu yang cukup singkat. Dia pelajari lagu “Asmara” ciptaan Rika yang dipopulerkan bersama Yana Yulio melalui YouTube.

“Jadi kita sepakat, nadanya yang sederhana saja. Ini bentuk apresiasi saya kepada Teteh Rika sebagai senior saya di dunia musik, dan apresiasi kepada Jazz Traffic yang memperhatikan musisi dan komposer seperti Teh Rika,” katanya.

Soal upaya mengembangkan dunia musik di Jawa Timur seperti yang disampaikan Rika, Emil mengatakan, sebenarnya industri musik saat ini sudah sangat dimudahkan.

Ada banyak jalur pemasaran yang anti-mainstream, seperti YouTube, misalnya. Dia juga bilang, rotasi chart musik di radio juga perlu dilakukan untuk mendorong perkembangan industri musik ini.

“Kita juga perlu studio-studio untuk latihan, atau jam sessions. Tapi, untuk rekaman sebenarnya sekarang sudah tidak semahal dulu lagi. Nah di sisi lain, banyak banget yang bikin rekaman sendiri. Jadi quality control juga penting,” ujarnya.

Emil pun bermaksud mendorong musisi Jawa Timur dengan membuka lebar kesempatan menjadi komposer jingle dan scoring. Misalnya, katanya, untuk mengisi video profile.

“Jangan asal comot, bahaya lho karena ada hak ciptanya. Kamk akan libatkan musisi kita dalam penciptaan jingle dan scoring itu. Ini yang kami harapkan menjadi salah satu pilar ekonomi kreatif di Jawa Timur,” ujarnya.(den/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs