Sabtu, 27 April 2024

Memakai Masker Tidak Sebabkan Bau Mulut

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi.
Beberapa orang merasa masker yang dikenakan menyebabkan bau mulut atau infeksi pada gigi mereka. Benarkah masker menjadi penyebabnya?

Anggapan ini ditepis oleh para pakar kesehatan gigi. Menurut mereka, saat ini tidak ada bukti yang menyatakan masker bisa menyebabkan masalah pada gigi termasuk bau mulut.

“Tidak ada bukti memakai masker menyebabkan atau memperburuk penyakit gigi. Jika ini benar-benar masalah, dokter gigi dan penyedia layanan kesehatan lainnya akan mengalami peningkatan penyakit dan masalah gigi, dan itu belum dilaporkan,” kata Steven Barefoot dari klinik DentaQuest seperti dilansir dari Medical Daily dokter bedah gigi, mengutip Antara, Minggu (8/11/2020).

Dokter Weiner dari Envy Smile Dental Spa di New York City juga mengatakan hal yang sama. Ia membantah masker bisa menimbulkan risiko kesehatan gigi. Dia mengatakan, “Saya dapat membuktikan fakta menghirup karbon monoksida yang kita keluarkan kembali ke paru-paru dan mulut bukanlah yang terbaik untuk gigi kita, tetapi masker tidak menyebabkan bau mulut.”

Menurut dia, masker justru membuat pemakainya lebih menyadari bau mulut yang dimilikinya.

Hal senada juga disampaikan dokter Jared Cox dari Today’s Family Dentistry di Searcy, Ark. Dia menuturkan, masker dapat mengindikasikan pemakainya tak cukup membersihkan mulut dan justru meningkatkan kesadaran untuk lebih memperhatikan perawatan mulut kita setiap hari.

“Jangan salahkan maskernya. Bertanggung jawablah atas kesehatan Anda,” tutur dia.

Penelitian menunjukkan, memakai masker efektif dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Benda ini tidak akan mengganggu kesehatan gigi Anda. (ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs