Minggu, 28 Februari 2021

Mengintip Tren Pengguna Tinder Sepanjang Tahun 2020

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi

Aplikasi Tinder mengungkapkan sejumlah tren penggunanya yang terjadi selama tahun 2020, mulai dari cara bersosialisasi hingga kreasi penulisan bio dari pengguna yang didominasi oleh generasi Z.

“Bio di profil Tinder menjadi salah satu cara pengguna Tinder untuk menunjukkan jati diri dan berbagi hal-hal yang mereka anggap penting,” kata Tinder melalui keterangannya, Rabu (9/12/2020).

Mengintip bio-bio pengguna Tinder selama satu tahun terakhir, kreativitas dan ketangguhan menjadi tema yang paling menonjol. Penggunaan sejumlah emoji menjadi salah satunya. Emoji seperti exploding head hingga woman shrugging merupakan beberapa emoji yang paling sering digunakan di Tinder pada tahun ini.

Selanjutnya, pembicaraan tentang pertemuan virtual juga sering dibahas di Tinder. Di tahun 2020 ini, “Zoom” disebut 9 kali lebih banyak daripada tahun kemarin, umumnya untuk virtual hangout seperti pernikahan sepupu di Zoom atau ngobrol santai dengan teman dari berbagai negara dan budaya pakai Tinder Passport.

Penyebutan kata “masker” juga meningkat 14 kali lebih banyak dibandingkan tahun 2019. Pengguna juga sering menambahkan imbauan lain seperti “cuci tangan”, “pakai masker”, dan “jaga jarak sosial” di bionya.

Selanjutnya, ketika periode #DiRumahAja dimulai pada 12 April 2020, pengguna Tinder di Indonesia berbagi status “Work from Home” di bio mereka dan kata-kata ini disebutkan 14 kali lebih banyak pada tahun 2020 daripada 2019.

Selain itu, TikTok disebut di bio Tinder sebanyak 21 kali lebih banyak di 2020 dibandingkan tahun lalu.

Tak hanya itu, game Animal Crossing dan Among Us jadi tempat kumpul-kumpul virtual pengguna Tinder saat ini.

Dari Maret hingga Mei 2020, Tinder melihat peningkatan sebanyak 5 kali penyebutan Animal Crossing di bio dan pengguna Gen Z menyebutkannya 2 kali lebih banyak daripada pengguna Milenial. Sementara itu, mereka juga aktif menggunakan Tinder untuk mencari teman bermain Among Us.

Pengguna Tinder juga aktif menggunakan bio mereka untuk menunjukkan siapa bintang K-pop idola atau K-drama favorit mereka, terlihat dari penyebutan kata “Drama Korea” 5 kali lebih tinggi dan “K-popers” 2 kali lebih tinggi di tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Lagu dari grup Surfaces “Sunday Best” juga menjadi salah satu lagu paling populer di Tinder, dan banyak disematkan di bio.

Bicara tentang hobi, Tinder menemukan bahwa pengguna menyebutkan kata “bersepeda” 2 kali lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Surabaya
Minggu, 28 Februari 2021
26o
Kurs