Kamis, 28 Maret 2024

Tips Agar Makan Sehat Menjadi Lebih Terjangkau

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto : Pixabay

Menjalani pola makan sehat dapat terkesan mahal dan memakan banyak waktu, apalagi bila ingin mencontoh food blogger tertentu di media sosial.

Ada beberapa jenis makan sehat yang dielu-elukan manfaatnya, namun tidak tersedia di beberapa negara. Kalaupun ada, bahan pangan itu biasanya impor dan harganya sangat mahal.

Beberapa produk makanan sehat memang bisa mahal, tetapi ada juga cara untuk menghemat uang di supermarket dan tetap makan makanan bergizi seimbang yang akan membuat Anda merasa kenyang dan berenergi.

Berikut beberapa tip yang didukung ahli gizi.

1. Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian.
Konsumsi seperti kacang-kacangan, lentil, kacang merah, kacang hijau dan kacang polong merupakan sumber protein, serat, vitamin, dan mineral yang murah dan rendah lemak. Jenis panganan ini juga dihitung sebagai bagian dari lima porsi harian buah dan sayuran yang direkomendasikan.

“Anda akan terkejut melihat betapa terjangkaunya kacang dan biji-bijian ini,” ujar ahli gizi Jenna Hope seperti dilansir Antara dari laman RTE, Sabtu (15/8/2020).

Hope menyebutkan bahwa kacang-kacangan adalah sumber protein, vitamin B, dan serat makanan yang baik. Untuk mendapatkan jumlah yang lebih banyak dan berhemat, cobalah membeli varietas yang sudah dikeringkan.

2. Buah dan sayur beku
Makan sehat tidak selalu harus berasal dari toko sayur dan buah organik segar yang mahal.

“Buah dan sayuran beku sering kali bergizi sama dengan yang segar, jadi ini adalah alternatif yang baik saat memikirkan ide makan malam yang murah,” kata Rob Hobson, ahli gizi di Healthspan.

“Buah-buahan beku dapat ditambahkan ke dalam smoothie atau menu sarapan yang sehat, sementara sayuran seperti kacang polong, kembang kol, dan jagung manis dapat ditambahkan ke berbagai hidangan, termasuk sup dan semur.”

3. Konsumsi ikan kalengan
Tidak mampu membeli salmon segar dari penjual ikan? “Ikan kaleng adalah cara murah yang bagus untuk memperbaiki omega-3 Anda,” kata Hope.

Omega-3 adalah asam lemak yang berperan penting dalam fungsi otak, serta kesehatan usus dan tulang dalam tubuh.

“Cobalah memilih salmon dan makarel kalengan daripada varietas segar,” tambahnya, karena seringkali ikan yang sudah dikemas harganya lebih murah, namun tidak mengurangi kandungan gizi di dalamnya.

4. Membuat perencanaan
Hobson percaya bahwa salah satu cara terbaik untuk mengelola anggaran makanan adalah dengan memetakan apa yang akan Anda makan sepanjang minggu.

“Pikirkan tentang bagaimana Anda bisa menggunakan sisa makanan keesokan harinya dan mengubahnya menjadi hidangan menarik lainnya juga,” tambah Hobson.

“Misalnya, sepanci cabai bisa digunakan sebagai isian makan siang untuk membuat Mexican Wrap. Cukup tambahkan krim asam, keju parut, dan sedikit alpukat untuk membuat camilan siang yang enak.”

5. Manfaatkan seluruh sayuran dalam masakan
Gunakan pola “dari akar hingga ujung daun” dari sayur yang Anda konsumsi.

“Misalnya, Anda bisa menggunakan daun kembang kol dan wortel dalam sup, memanggang biji labu dengan garam dan minyak untuk mengemil, dan menggunakan kulit sayur untuk membuat kaldu buatan sendiri,” kata Hope.

Menurut Hope, semakin sedikit Anda membuang, semakin memperlama jadwal Anda untuk ke supermarket, sehingga Anda bisa menghemat uang dalam jangka panjang.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs