Rabu, 15 Mei 2024

UKM Fotografi Kampanyekan 3M di Jalanan Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara karya aktivis Ciphoc Unitomo yang ikut dipamerkan di pasar Genteng, Surabaya. Foto: totok suarasurabaya.net

Aktivis unit kegiatan mahasiswa (UKM) Communication Photography Club (Ciphoc) Unitomo Surabaya, Rabu (4/11/2020) kampanyekan 3M di jalanan Surabaya.

Kampanye dengan format karya foto ini tergolong unik, lantaran foto-foto yang dipamerkan berisi pesan tentang 3M. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dalam beberapa peristiwa.

Karena itu, karya yang muncul di antaranya, orang memakai masker, aktivitas cuci tangan, mengenakan masker saat olah raga, atau ada juga tentang belajar daring di sekolah. Juga ditampilkan dampak Covid-19 pada perekonomian.

Karya ketujuh mahasiswa anggota Ciphoc Universitas dr. Soetomo ini tidak lain adalah sebuah bentuk kegelisahan mereka pada kondisi masyarakat saat ini di tengah wabah pandemi Covid-19.

Tidak seperti lazimnya pameran foto yang ditampilkan di ruang-ruang pamer atau studio, aktivis Ciphoc memilih menggelar karyanya di pasar dan trotoar jalanan Kota Surabaya. Seperti di pasar Genteng, trotoar Tunjungan Plaza dan trotoar Delta Plaza.

Patrick Tjahyo senior Ciphoc Unitomo menyampaikan bahwa aksi pameran kali ini adalah kesempatan bagi anggota junior berekspresi dalam karya foto sekaligus mempraktekkan ide atau teori fotografi yang telah diperoleh.

“Ini sejatinya adalah ruang ekspresi, dan penuangan ide bagi anggota baru Ciphoc. Dan di masa pandemi Covid-19, tema yang kami sediakan adalah 3M yang secara langsung maupun tidak langsung berkaitan erat dengan situasi pandemi saat ini,” pungkas Patrick.(tok/dfn)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
31o
Kurs