Selasa, 3 Agustus 2021

10 Tempat Seru Buat Habiskan Akhir Pekan di Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kebun Binatang Surabaya tampak depan. Foto: Humas KBS.

Akhir pekan telah tiba, maksimalkan waktu bersama keluarga ke sejumlah tempat-tempat seru berikut ini yang sebagiannya juga cocok menjadi lokasi untuk menghabiskan malam Minggu.

1. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

KBS menjadi sarana rekreasi dan juga edukasi yang tepat bagi buah hati. Pengunjung bisa berkeliling di lahan seluas 15 hektar sambil mengenal ratusan spesies hewan di dalamnya. Tidak hanya itu, si kecil juga bisa memberi makan berbagai hewan jinak dan menikmati wahan-wahana seperti bermain trampoline, wisata perahu, outbond, flying fox, dan masih banyak lagi.

KBS berada di Jalan Setail No. 1 Darmo, Kecamatan Wonokromo dan buka sejak pukul delapan pagi, tak lupa mengambil foto di dedepan patung Sura dan Buaya yang menjadi ikon kota Surabaya, di depan KBS.

2. Kya-kya

Kya-kya, yang dalam bahasa Hokkien bermakna jalan-jalan, merupakan pecinan paling tua di Surabaya yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tempat ini juga menjadi pelestarian budaya pecinan yang dominan sehingga dikenal sebagai China Town di kota Pahlawan.

Kya-kya yang berlokasi di Jalan Kembang Jepun ini menyuguhkan bangunan-bangunan tua dengan ornamen khas China, klenteng, hingga kuliner khas Tionghoa. Cocok dijadikan sebagai tujuan berwisata sambil belajar sejarah.

3. Wisata Kota Tua

Jika hobi memotret maupun suka sejarah, ada baiknya berwisata tua di Surabaya. Tak jauh dari Kya-kya, terdapat berbagai bangunan tua bersejarah seperti Jembatan Merah, jalan Panggung, gedung De Javasche Bank, dan Rumah Sembayang Abu The Goan Tjing jalan Gula yang letaknya tak jauh dari Kya-kya.

Selain itu, ada pula H.O.S Tjokroaminoto, tempat tokoh-tokoh nasional seperti Soekarno, Darsono, Tan Malaka, Kartosoewirjo, Alimin, hingga Semaun berkumpul. Bangunan yang berbentuk rumah itu berada di Peneleh VII. Tak jauh dar situ, ada pula makam Peneleh, makam tertua di Jawa Timur yang menjadi tempat peristirahatan terkahir para pejabat Hindia Belanda.

4. Museum

Di Surabaya, ada banyak sekali musem yang bisa dikunjungi. Berwisata sambil belajar bisa dilakukan di Museum Sepuluh November di Jalan Alun-Alun Contong, Museum Kesehatan di Jalan Indrapura No. 17, Museum WR. Supratman di Jalan Mangga No.21, Museum Pendidikan di Jalan Genteng Kali No.10 dan masih banyak lagi.

Berwisata di Museum menjadi momen pengembangan pengetahuan buah hati, pendukung, pembindaan, serta promosi warisan di Surabaya.

5. Tugu Pahlawan

Monumen yang menjadi markah Surabaya ini dibangun untuk memeringati peristiwa Pertempuran 10 November 1945. Tidak hanya tugu setinggi 41,15 meter, di dalamnya terdapat museum yang menampung peninggalan bersejarah pada peristiwa yang dikenal sebagai Hari Pahlawan. Tugu Pahlawan juga seringkali dijadikan tempat teatrikal yang bisa dinikmati masyarakat Surabaya.

Monumen yang menjadi simbol heroik arek-arek Suroboyo ini berada di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong. Pengunjung juga bisa menikmatin berbagai kuliner di sekitar Tugu Pahlawan.

6. Surabaya North Quay

Tempat wisata yang berlokasi di pelabuhan Perak Utara ini menyuguhkan pemandangan laut yang menenangkan. Pengunjung juga bisa melihat sunset melalui rooftop Surabaya North Quay. Bahkan, pengunjung bisa menikmati keindahan laut di atas bean bag atau sambil lesehan.

Pada waktu-waktu tertentu, pengunjung bisa menyaksikan lalu lalang kapal pesiar. Jika beruntung, kapal pesiar mewah itu akan berhenti didepan Surabay North Quay untuk berkunjung dan pengunjung bisa melihatnya secara dekat.

7. Taman Surabaya

Surabaya juga dikenal sebagai kota hijau karena menyajikan berbagai ruang terbuka hijau seperti taman. Melihat pemandangan hijau tentu akan menyejukkan mata dan menenangkan pikiran setelah bekerja hampir seminggu lamanya. Pilihan yang tepat untuk refreshing di akhir pekan ialah mengelilingi taman-taman yang ada di Surabaya bersama orang terkasih.

Beberapa taman yang bisa di kunjungi yakni Taman Prestasi di Jalan Ketabang Kali No 6, yang lokasinya disepanjang sungai, sehingga pengunjung juga bisa naik perahu menikmati suasana taman. Ada pula taman bungkul yang terletak di Darmo dengan tata letak yang rapi dan dikelilingi tempat-tempat kuliner. Selain itu, ada Taman Harmoni di Jalan Keputih Tegal Tim II, Taman Apsari di Embong Kaliasin, Taman Ekspresi di Jalan Genteng Kali, dan masih banyak lagi.

8. House of Sampoerna

Destinasi yang terletak di Taman Sampoerna Nomor 6, Krembangan Utara ini merupakan bangunan edukatif tentang perkembangan industri rokok Sampoerna dari awal hingga sekarang. Ketika masuk ke dalam museumnya, aroma tembakau dan cengkih, bahan dasar rokok, akan memenuhi rongga hidung. Pengunjung akan merasakan ketenangan mengelilingi museum dengan aroma khas itu dan pencahayaan yang pas.

Tidak hanya melihat sejarah rokok, pengunjung juga bisa membeli souvenir dan menikmati kafe di dalamnya. Bangunannya yang unik bisa dijadikan sebagai spot foto yang instagramable. Terdapat bus merah khusus yang ditawarkan bagi pengunjung untuk berkeliling Surabaya dalam kegiatan Surabaya Heritage Track.

9. Pandora Experience

Jika ingin sesuatu yang lebih menantang dan meneagangkan, Pandora Experience jawabannya. Ini merupakan permainan yang melibatkan 2-10 orang untuk memecahkan misteri. Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa menikmati permainan ini. Ada berbagai tema yang bisa dipilih, setelah itu pengunjung dibekali dengan peralatan untuk memecahkan sejumlah clue agar bisa keluar dari ruangan misteri itu.

Pengunjung juga bisa memilih lamanya waktu permainan, satu jam maupun dua jam. Permainan yang berlokasi di Marvel City ini akan menguji kemampuan otak dalam bernalar, dan bekerja sama yang baik.

10. Atlantis Land

Atlantis Land merupakan wisata air, yang menyajikan berbagai wahana air seperti air mancur menari, kolam anak, kolam dewasa, dan variasi prosotan di dalamnya. Tidak hanya wisata air ada pula wahana bermain darat yang ramah bagi buah hati. Ada lebih dari 12 wahana seperti Dino Land, Misteri Atlantis, Carousel, Music Express, Istana, Patung lilin, Wave Swinger, Happy Car, hingga Bumper Car.

Atlantis Land berada di Jalan Sukolilo Nomor 100, di kawasan yang sama dengan Kenjeran Park, dan Pantai Ria Kenjeran.(frh)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Antre Sejak Pagi Buta Demi Mendapat Vaksin

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Antrean Vaksinasi di Grand City Surabaya

Antrean Vaksinasi di Terminal 2 Juanda

Surabaya
Selasa, 3 Agustus 2021
28o
Kurs