Kamis, 2 Mei 2024

Meski Libur Panjang, Kunjungan ke Tempat Wisata Surabaya Tak Seramai Sebelum Pandemi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Suasana Atlantis Land di hari libur. Foto: Istimewa

Libur panjang dan cuti bersama di tengah pandemi Covid-19 tak serta-merta membuat tempat wisata di Surabaya ramai pengunjung. Bahkan pembatasan kapasitas 50 persen kunjungan belum terpenuhi.

Di Atlantis Land Kenjeran Park (Kenpark) misalnya, pada Hari Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (29/10/2020), pengunjung di lokasi taman wisata buatan itu tidak sampai 10 persen dari kunjungan normal.

Paul Manager Operasional Atlantis Land Surabaya bilang, rata-rata pengunjung di masa normal sebelum Pandemi Covid-19 bisa mencapai 10 ribu orang per hari saat weekend. Kemarin, jumlah pengunjung hanya 500 orang.

Padahal, Kamis itu pengelola Atlantis Land sudah berupaya menggaet wisatawan dengan membuka semua wahana di Atlantis Land secara normal, meskipun tetap membatasi kunjungan 50 persen dari total kapasitas tempat wisata.

Tidak hanya itu, pengelola menggelar pertunjukan khusus untuk menyambut liburan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama. “Maksimal tidak sampai 10 persen dari normal. Ini lebih ramai dari liburan sebelumnya,” ujar Paul.

Tidak hanya Atlantis Land, kunjungan wisatawan di Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS) pun belum sampai memenuhi kuota pembatasan 50 persen dari kapasitas yang ada. Rata-rata kunjungan per hari belum mencapai 1.000 orang.

Agus Supangat Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS mengakui itu. Dia bilang selama dua hari pertama libur panjang pada Rabu (28/10/2020) dan Kamis, total pengunjung KBS kurang lebih 1.600 orang.

Suasana di Kebun Binatang Surabaya, Kamis (29/10/2020). Foto: Denza suarasurabaya.net

Padahal, kapasitas maksimal pengunjung di KBS di masa sebelum pandemi mencapai 15 ribu orang. Dengan pembatasan 50 persen pengunjung kapasitas maksimal harian seharusnya masih 7.500 orang.

“Kami perkirakan, selama lima hari libur panjang dan cuti bersama ini total pengunjung sebanyak 10 ribu orang. Puncaknya nanti pada 1 November. Kami perkirakan kunjungan mencapai 2.000-2.500 orang per hari,” ujarnya.

Pengelola KBS pun sengaja tidak menggelar atraksi khusus seperti masa libur panjang sebelum pandemi. Hanya membuka wahana perahu di area danau KBS. Bahkan feeding time yang menjadi wahana reguler saat liburan tidak digelar.(den/tin/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs