Selasa, 20 April 2021

Delapan Camilan Asin yang Sehat

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Edamane.

Makanan asin atau yang mengandung garam cenderung lebih disukai sebagai camilan dibandingkan dengan yang memiliki rasa manis. Akan tetapi, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin akan mempengaruhi masalah kesehatan khususnya hipertensi dan ginjal.

Dalam program diet, makanan yang mengandung asin atau garam sebaiknya memang dihindari. Akan tetapi jika Anda merupakan penggemar berat makanan asin, berikut ini adalah beberapa camilan bergizi untuk memuaskan keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan mengandung garam seperti dikutip Healthline yang dilansir Antara, Senin (5/3/2021).

1. Kacang macadamia asin

Kacang macadamia asin adalah kombinasi sempurna dari tekstur yang lembut, renyah, dan rasa asin yang pasti akan memuaskan hasrat garam Anda.

Selain rasanya yang asin, kacang macadamia dikemas dengan nutrisi seperti lemak sehat, protein, serat, vitamin, dan mineral.

Kacang macadamia sangat kaya akan mangan, mineral yang penting untuk kesehatan tulang, metabolisme, sistem saraf dan kekebalan, dan fungsi hormon reproduksi. Ini juga bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Anda bisa memasangkan kacang macadamia dengan sepotong buah untuk camilan manis dan asin yang seimbang.

2. Sarden

Sarden adalah salah satu makanan padat nutrisi yang bisa Anda makan dan mereka memiliki rasa asin.

Sarden kaya akan vitamin B12 dan D, kalsium, zat besi, dan selenium. Mereka juga merupakan sumber lemak omega-3 anti-inflamasi yang sangat baik.

Orang yang mengkonsumsi makanan kaya lemak omega-3 cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan meninggal karena penyakit terkait jantung. Nikmati sarden bersama beberapa sayuran atau biskuit untuk rasa renyah.

3. Keripik ubi buatan sendiri

Bukti menunjukkan bahwa sering makan makanan yang digoreng seperti keripik kentang tidak baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat meningkatkan risiko penyakit.

Untungnya, ada alternatif yang lebih sehat saat Anda mendambakan keripik kentang asin. Misalnya, memanggang keripik ubi jalar padat nutrisi dengan api kecil akan menghasilkan keripik buatan sendiri yang renyah.

Iris ubi jalar menjadi bulatan tipis, lapisi dengan minyak zaitun, lalu taburi dengan garam laut atau sea salt dan panggang pada suhu 121 derajat Celcius selama 2 jam, balikkan setengahnya.

4. Edamame

Kacang edamame adalah kedelai yang belum matang yang biasanya direbus atau dikukus di dalam polongnya.

Edamame bisa dijadikan camilan yang lezat dan mengenyangkan, serta dapat ditaburi garam dan bumbu lainnya untuk menambah rasa.

Edamame adalah sumber protein dan serat nabati yang baik, serta vitamin dan mineral seperti folat, magnesium, tembaga, dan kalium.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Selasa, 20 April 2021
31o
Kurs