Selasa, 19 Maret 2024

Dubes Kim Ceritakan Peran, Hobi, dan Kehidupan di AS Lewat CurioUS

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sung Kim Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia tampil dalam video podcast “CurioUS” di kanal YouTube Konsulat Jenderal AS Surabaya, Minggu (5/12/2021). Foto: Konjen AS Surabaya

Sung Kim Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia tampil dalam video podcast “CurioUS” di kanal YouTube Konsulat Jenderal AS Surabaya, Minggu (5/12/2021).

CurioUS adalah serial video podcast dari Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya yang menyajikan perbincangan secara jujur dan terbuka tentang kehidupan para diplomat AS.

“Saya merasa sangat terhormat bisa menjabat sebagai Duta Besar AS untuk negara yang sangat luar biasa seperti Indonesia. Hubungan AS-Indonesia adalah hubungan yang penting bagi kedua negara dan saya senang bisa bekerja di sini,” kata Dubes Kim. “Saya berharap kita dapat memperdalam hubungan kedua negara kita, baik dalam kemitraan ekonomi maupun kemitraan strategis lainnya,” lanjutnya.

Dubes Kim juga menyoroti bidang kerja sama khusus antara Amerika Serikat dan Indonesia, termasuk dalam bidang perdagangan, investasi, keamanan, perubahan iklim, dan penanganan pandemi global. “Saya bersyukur AS telah memimpin dalam penanganan pandemi. AS adalah kontributor terbesar dalam upaya penyediaan vaksin COVAX,” kata Dubes Kim.

Selain berbicara mengenai kemitraan diplomatik AS-Indonesia, Dubes Kim juga bercerita mengenai sisi pribadinya. “Dalam episode ini, penonton dapat mengetahui mengapa beliau memilih menjadi diplomat, hobi yang disukai Dubes Kim, bagaimana kehidupan keluarganya, serta koleksi kameranya yang luar biasa,” kata Angie Mizeur, Kepala Humas Konsulat Jenderal AS di Surabaya. “Selain itu, saya yakin penonton juga akan terkejut mendengar siapa grup musik kesukaannya! Anda juga bisa mendapatkan hadiah jika mengajukan pertanyaan terbaik di kolom komentar,” sambungnya.

Dubes Kim menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Indonesia sejak Oktober 2020. Pada Mei 2021, Presiden Biden mengangkat Dubes Kim untuk merangkap sebagai Utusan Khusus AS untuk DPRK (Korea Utara). Beliau juga menjabat sebagai penjabat Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik pada Januari-Juni 2021.

Sebelumnya, Dubes Kim menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Republik Korea (2011-2014), Duta Besar AS untuk Republik Filipina (2016-2020), dan Perwakilan Khusus untuk Kebijakan Korea Utara di Washington selama masa jabatannya di Korea Selatan dan Filipina. Sebelum bergabung dengan dinas diplomatik, ia bekerja sebagai jaksa di Los Angeles, California.

Dubes Kim lahir di Seoul, Korea Selatan, dan besar di Los Angeles, Amerika Serikat. Ia belajar di University of Pennsylvania (BA), Loyola University (JD), London School of Economics (LLM), dan telah menerima gelar doktor kehormatan dari Catholic University of Korea dan Holy Name University of the Philippines. Dubes Kim sudah menikah dan memiliki dua orang putri.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
31o
Kurs