Rabu, 25 Mei 2022

Hoenting Satoe Djam Sadja, Ketika Pecinta Fotografi Berbagi Rasa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
hunting-bareng Ilustrasi. Foto: Pixabay

Selama Agustus sampai September 2021, sejumlah kegiatan bernuansa fotografi digelar di Kota Surabaya untuk memeriahkan Salon Foto Indonesia (SFI) 41.

Satu di antaranya dijadwalkan digelar pada Minggu (15/8/2021) dengan nama kegiatan “Hoenting Satoe Djam Sadja”. Kegiatan itu adalah ajang bertemunya pecinta fotografi untuk saling berbagi rasa dalam gelaran pemotretan bersama.

“Hoenting Satoe Djam Sadja” adalah satu di antara bagian Salon Foto Indonesia 41 yang merupakan bagian dari kegiatan Perkumpulan Senifoto Surabaya (PSS) yang mendapatkan mandat secara nasional dari Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia (FPSI).

PSS secara rutin, setiap tahunnya, menggelar kegiatan di berbagai kota di Indonesia. Perkumpulan Senifoto Surabaya (PSS) pernah menjadi tuan rumah kegiatan sejenis pada 1975, 1985, 1991 dan 1997. Pada SFI 41 kali ini, PSS Surabaya kali ke lima menjadi tuan rumah.

Sekedar catatan, PSS merupakan satu di antara perkumpulan fotografi tertua di Indonesia.

Poster kegiatan “Hoenting Satoe Djam Sadja”

Pada kegiatan Hoenting Satoe Djam Sadja, Minggu (15/8/2021) pagi besok para fotografer akan berkumpul di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk memulai perjalanan melakukan huting foto di sejumlah lokasi tidak jauh dari KBS.

Lokasi yang menjadi sasaran antara lain patung Suro Boyo yang menjadi satu di antara ikon kota Surabaya, lalu kampung Bendera di kawasan Darmo Kali, dan yang terakhir di jembatan baru Joyoboyo.

Becky Subechi wartawan foto senior di Surabaya menyampaikan, kegiatan ini menjadi satu di antara kesempatan para pecinta fotografi bersilaturahmi.

Pada kesempatan huting foto bersama biasanya memang bukan sekedar melakukan pemotretan tetapi sekaligus bisa saling bertemu dan bertukar informasi terkait dengan kegiatan fotografi.

Pada setiap gelaran SFI, kata Becky memang merupakan satu diantara kegiatan memeriahkan gelaran tahunan pameran foto dan lomba foto terbesar di Indonesia.

“Dan akan bertemu dengan banyak pecinta fotografi dari banyak kota. Inilah saatnya para fotografer itu saling berbagi rasa yang disalurkan melalui karya foto,” kata Becky, Sabtu (14/8/2021).

Tentunya pada kegiatan yang akan melibatkan banyak peserta ini, sudah dipastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat diberlakukan. Dijadwalkan kegiatan yang menjadi bagian dari SFI 41 ini dimulai pada pukul 06.30 wib.(tok/den)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 25 Mei 2022
27o
Kurs