Kamis, 25 April 2024

Kantor Pos dengan Lokasi Paling Unik di Dunia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kantor Pos Pinguin di Kutub Utara. Foto: BBC

Lima kantor pos di bawah ini berhasil menghubungkan masyarakat di seluruh dunia meskipun letak lokasinya yang cukup unik. Di mana saja lokasinya? Simak infonya berikut ini.

1. Kantor Pos Bawah Laut di Vanuatu

Vanuatu Post mendirikan sebuah kantor pos di bawah laut yang terletak di lepas pantai Hideaway Island, Vanuatu di Samudera Pasifik Selatan.Kantor pos Vanuatu tersebut terbuat dari sebuah tangki fiberglass dan berada di kedalaman 50 meter. Wisatawan yang ingin berkunjung ke kantor pos tersebut terlebih dahulu harus melengkapi diri dengan peralatan menyelam.

Sesampainya di sana, Anda dapat mengirim kartu pos khusus yang tahan terhadap air. Kartu pos akan dikumpulkan setiap hari oleh seorang penyelam dari pulau terdekat dan dibawa ke layanan pos untuk dikirim.

Vanuatu Post hadirkan sensasi baru berkirim kartu pos karena letak kantor posnya yang berada di bawah laut. Foto: Express.co.uk

2. Kantor Pos Tertinggi di Dunia di Everest

Berada di ketinggian 5.300 meter, membuat Kantor Pos China di Everest Base Camp menjadi kantor pos tertinggi di dunia. Dibangun tahun 2008, kantor pos ini didirikan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang ingin berkirim surat.

Saat tiba di Gunung Everest, biasanya para pendaki tak sabar untuk membagi kebahagiaannya kepada keluarga atau temannya. Kantor pos ini bisa memfasilitasi itu.

Namun karena ekstremnya cuaca di sana, kantor pos ini hanya buka dari bulan April sampai Agustus dari jam 10 pagi sampai 6 sore. Selain itu pula karena sarana transportasi yang belum mumpuni, biaya mengirim pos dipatok lebih tinggi dibanding tempat lainnya.

3. Kantor Pos China di Luar Angkasa

China berhasil membuka kantor pos baru di luar angkasa sejauh 343 km dari bumi. Berada di bawah kewenangan The Beijing Aerospace Command and Control Center (BACC) China, kantor pos baru ini bahkan memiliki kode pos tersendiri yaitu 901001.

Seperti kantor pos lainnya, di sini juga melayani pengiriman surat domestik dan internasional. Kantor pos tersebut dapat mengirimkan surat dari masyarakat umum kepada astronot yang berada di stasiun luar angkasa Tiangong-1.

4. Kantor Pos Pinguin di Inggris

Kantor pos ini dijuluki kantor pos Pinguin karena lokasinya yang berada di kutub utara, tepatnya di Port Lockroy, Pulau Goudier.

Tempat ini adalah rumah bagi para petualang dan paus sebelum dijadikan sebagai pangkalan Inggris di Samudera Antartika.

Dibangun pada tahun 1994, tempat ini sempat dipakai untuk tempat penelitian sampai tahun 1962.

Restorasi dimulai sejak tahun 90-an dan kemudian operasikan sebagai museum dan kantor pos sejak tahun 2006.

Pulau ini cukup sepi sepanjang tahun, namun akan ramai saat Antartika memasuki musim panas ketika turis mulai berdatangan. Lebih dari 120 cruise mengunjungi lokasi ini di musim panas dan wisatawan bisa mengirimkan total 60.000 surat ke rumanya.

5. Kantor Pos Hell

Meskipun terdengar seram, namun ternyata kantor pos ini hanya lokasinya saja yang berada di Hell, yang bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya Neraka. Kantor pos ini terletak di kawasan Hell, West Bay, Kepulauan Cayman.

Coba bayangkan bila Anda suatu saat menerima surat dari Hell. Hih merinding.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs