Jumat, 29 Maret 2024

Kemenparekraf Rancang Program Promosi dan Produksi Film Lokal

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Festival Film Indonesia di Korea. Foto : Antara

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya membangkitkan industri perfilman melalui sistem promosi hingga bantuan produksi film di tengah pandemi yang sebelumnya sempat menunda banyak produksi serta penayangan.

Neil Al Himam Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf menyatakan, pihaknya meluncurkan program untuk promosi film panjang dalam bentuk bantuan pemerintah sebagai Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Tadi siang launching, diberikan ke 40 film panjang yang bisa dipromosikan hingga akhir tahun, filmnya bisa diputar di tahun-tahun berikutnya,” ujar Neil dalam webinar Wardaya Business Expo 2021, Jumat (1/10/2021).

DIkutip dari Antara, selain film-film yang berasal dari komunitas Ibu Kota, ia mengatakan film-film dari komunitas dari luar Jakarta bisa menciptakan karya.

“Juga ada bantuan pemerintah untuk produksi sekitar 60 film, ini khusus untuk komunitas film daerah.” imbuh Neil.

Di luar bantuan untuk promosi dan produksi, Kemenparekraf juga mengupayakan bantuan untuk lisensi hak dan edar film yang ada di inventoris agar bisa tayang di bioskop.

“Jadi untuk ke depan harapannya tahun depan kalau filmnua sudah keluar, pemerintah secara nonkomersial di event-event, festival, bisa untuk diaspora di luar negeri dan bioskop di sana,” jelas Neil.

Dukungan untuk insan perfilman juga diberikan melalui program reguler, salah satunya SCENE (Masterclass Pengembangan Skenario Film TV dan OTT) yang akan digelar untuk memunculkan bakat baru tanah air dalam penulisan skenario konten televisi dan film.(ant/wld/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs