Jumat, 25 Juni 2021

Mengenal Bipang Ambawang, Makanan Khas Kalbar yang Heboh dalam Pidato Jokowi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI. Foto: Biro Pers Setpres

Sebuah akun @BossTemlen mengunggah video pidato Joko Widodo Presiden yang mengajak masyarakat untuk tidak mudik lebaran Idul Fitri tahun ini. Dalam video tersebut, Jokowi Presiden mengatakan, jika biasanya orang yang mudik membawa oleh-oleh, namun karena pandemi Covid-19 oleh-oleh dapat dikirimkan secara online.

Video tersebut langsung heboh, ramai diberbincangkan netter karena Jokowi menyebut salah satu makanan khas dari Kalimantan bernama Bipang Ambawang.

“Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, pempek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah, ” ujarnya.

Dilansir dari instagram @bipangambawang, rupanya bipang ambawang ialah makanan khas Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat.yang merupakan kependekan dari babi panggang.

Kependekan dari babi panggang ini seperti namanya, dimasak dengan dipanggang dengan bahan dan alat tradisional.

Bipang ambawang menggunakan babi kampung muda yang brusia tiga hingga lima bulan.

Bipang ambawang juga disajikan dengan sambal antuha dan kit iu. Sambal antuha ialah sambal terasi khas Kalimanta Barat. Antuha sendiri berasal dari bahasa Dayak yang artinya tante tertua.

Sedangkan kit iu ialah saos cocolan yang terbuat dari jeruk sambal dan gula pasir.(frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Jumat, 25 Juni 2021
30o
Kurs