Selasa, 5 Juli 2022

Para Peneliti Memastikan, Lebih Banyak Langkah Lebih Panjang Usia

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Olahraga jalan kaki.

Penelitian terbaru menunjukkan, orang yang berjalan atau melangkah lebih banyak setiap harinya akan membantunya hidup lebih lama. Hal itu mengemuka dalam acara “Epidemiologi dan Pencegahan, Gaya Hidup dan Kesehatan Kardiometabolik” oleh Asosiasi Jantung Amerika dikutip Antara, Sabtu (22/5/2021).

Hasil penelitian itu menyatakan, orang yang mengambil lebih banyak langkah (berjalan kaki) setiap hari memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah daripada mereka yang kurang aktif berjalan kaki.

Ya, para peneliti itu menemukan bahwa manfaat kesehatan akan didapatkan oleh orang-orang yang secara konsisten melakukan jalan kaki setiap hari dibandingkan dengan mereka yang hanya sesekali berjalan kaki setiap harinya.

Sebelumnya, ada bukti yang menunjukkan bahwa berjalan kaki punya beragam efek kesehatan positif. Beberapa di antaranya seperti perbaikan kardiovaskular, kualitas tidur yang lebih baik, dan peningkatan kesehatan mental.

Tidak perlu terlalu jauh, berjalan kaki beberapa langkah ketika melakukan aktivitas sehari-hari saja sudah akan memberikan manfaat kesehatan yang sama. Seperti disampaikan Elizabeth Gardner Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari Fakultas Kedokteran Yale dan Tim Dokter di Yale Athletics.

“Jalan kaki adalah bentuk olahraga sedang yang termudah dan termurah. Selain sepatu, tidak perlu peralatan khusus lainnya, dan Anda tidak perlu memaksakan diri berkeringat untuk mendapatkan manfaatnya. Anda bahkan tidak memerlukan pakaian khusus,” ujarnya.

Berjalan mengurangi risiko kematian

Para peneliti mengevaluasi 16.732 wanita berusia 60 tahun ke atas yang mengenakan penghitung langkah di pinggang mereka antara tahun 2011 dan 2015.

Langkah setiap peserta dibagi menjadi dua kelompok, jalan yang lebih panjang yang berlangsung setidaknya 10 menit dan berjalan singkat seperti naik tangga atau berjalan ke mobil.

Para peneliti kemudian menindaklanjuti penelitian ini selama enam tahun hingga tahun 2019. Mereka mengidentifikasi adanya penurunan 32 persen kematian di antara mereka yang mengambil setidaknya 2.000 langkah dalam sehari.

Setiap peningkatan 1.000 langkah sehari dikaitkan dengan penurunan 28 persen terhadap kematian.

Manfaat kesehatan yang dicapai dari sekitar 4.500 langkah setiap hari, menurut mereka, serupa di antara orang-orang yang berjalan dalam waktu singkat dan mereka yang berjalan lebih lama tanpa gangguan.

Berjalan dapat meningkatkan kesehatan

Dokter Jennifer Wong seorang Pakar Jantung dan Direktur Medis Kardiologi non-Invasif di Memorial Care Heart and Vascular Institute di Orange Coast Medical Center, Fountain Valley, California mengatakan, aktivitas fisik secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi.

Tidak hanya itu, jalan kaki juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung yang merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Peningkatan langkah kecil juga berdampak besar pada masalah kesehatan kardiovaskular.

Dalam jangka pendek, orang yang berjalan lebih banyak mengalami peningkatan komposisi tubuh dan kebugarannya. Dalam jangka panjang, lebih banyak langkah setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan kematian.

Aktivitas fisik seperti berjalan juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan menghindari cedera saat jatuh. “Jalan kaki juga merupakan latihan tubuh yang sangat baik. Ia menggunakan tidak hanya otot seluruh kaki, tetapi juga otot inti dan gluteus untuk stabilitas dan penggerak,” katanya.

Soal kecepatan berjalan kaki, Elizabeth Gardner Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari Fakultas Kedokteran Yale dan Tim Dokter di Yale Athletics mengungkapkan, mengubah kecepatan saat berjalan bisa menghasilkan lebih banyak manfaat kesehatan.

Misalnya, berjalan dengan kecepatan yang lebih cepat selama interval 30 detik kemudian melambat selama 30 detik dapat meningkatkan detak jantung yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Bukti menunjukkan bahwa lebih banyak berjalan kaki setiap hari juga mampu meningkatkan kualitas tidur. Sebagaimana ditemukan secara konsisten oleh Research Trusted Source, orang yang aktif secara fisik juga memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Penelitian lain menguatkan temuan itu. Berjalan kaki, bahkan yang dilakukan dengan cara paling santai, dapat mengurangi gejala depresi dan meningkatkan emosi atau perasaan positif di antara orang dewasa yang lebih tua.

“Jalan kaki dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang, meningkatkan energi, meningkatkan kualitas tidur, membantu membangun suasana hati, serta memperlambat penurunan mental,” kata Wong.

Cara memperbanyak langkah

Melakukan lebih banyak aktivitas dalam keseharian memberikan manfaat kesehatan yang sama dengan berjalan kaki lebih lama dan menurut penelitian hal ini lebih memungkinkan dilakukan oleh banyak orang.

Gardner mengatakan membuat perubahan kecil di keseharian adalah cara terbaik untuk melangkah lebih jauh.

Wong merekomendasikan berjalan-jalan saat istirahat makan siang, membersihkan rumah, atau berjalan-jalan sambil menonton TV.

“Orang bisa mendapatkan lebih banyak langkah dengan naik tangga daripada lift atau parkir lebih jauh dan berjalan lebih jauh ke tujuan akhir mereka,” kata Wong.

“Perubahan kecil ini tidak dituntut untuk berkeringat, tidak perlu mengganti pakaian saat kembali ke aktivitas normal sehari-hari,” tambah Gardner.(ant/frh)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
31o
Kurs