Rabu, 24 April 2024

Empat Hari Berjalan Kaki, ABK Yang Hilang Akhirnya Ditemukan di Taman Mayangkara

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ukasyah (baju biru) saat ditemukan Satpol PP Kota Surabaya setelah empat hari berjalan kaki dari Perumahan Deltasari, Sidoarjo hingga Taman Mayangkara, Wonokromo. Foto: Istimewa

Setelah dilaporkan hilang sejak Selasa (9/6/2020) lalu, Ukasyah (22) akhirnya ditemukan Satpol PP di Taman Mayangkara, tepatnya di bawah jembatan layang Mayangkara, Wonokromo, Surabaya pada Jumat (12/6/2020) pagi.

Laki-laki yang tergolong Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ini berjalan kaki selama empat hari dari kediamannya di Perumahan Deltasari, Sidoarjo, hingga ditemukan di Wonokromo, Surabaya.

Tomi Ardianto Camat Wonokromo mengatakan, saat ditemukan, Ukasyah sedang duduk berdiam diri di Taman Mayangkara dalam kondisi tubuh kotor dan kelaparan. Petugas Satpol PP yang mengetahui gerak gerik aneh dari Ukasyah langsung menanyakan identitasnya. Namun karena terlihat bingung, akhirnya Ukasyah langsung dibawa ke Kantor Kecamatan Wonokromo.

Disana, petugas langsung memberi makan Ukasyah dan berusaha membersihkan tubuh Ukasyah, meski pada akhirnya laki-laki bertubuh tinggi 170 sentimeter itu menolak untuk dimandikan.

Data penemuan Ukasyah yang didapat oleh Command Center 112 Surabaya itu kemudian disampaikan ke Radio Suara Surabaya. Tim gatekeeper yang menerima informasi tersebut akhirnya mencocokkan data orang hilang yang dilaporkan Command Center 112 dengan data kehilangan keponakan pernah dilaporkan oleh salah satu pendengar bernama Endang Yusuf (53) pada Rabu (10/6/2020) lalu.

Setelah foto yang diterima dari Command Center 112 ternyata persis dengan foto yang dikirimkan Endang pendengar yang telah diunggah di Facebook e100, akhirnya petugas beserta tim Radio Suara Surabaya menghubungi keluarga untuk bisa menjemput Ukasyah yang berada di Kantor Kecamatan Wonokromo.

Saat ini, Ukasyah telah dijemput oleh pihak keluarga. Sebelum dibawa pulang, petugas membuat berita acara dan meminta identitas keluarga yang menjemput untuk kelengkapan data.

“Jadi sekitar 15 menit yang lalu (10.45 WIB) Pakdhe-nya Ukasyah yang namanya Pak Yusuf sudah menjemput, dan alhamdulillah adik ini sudah dipertemukan dengan keluarganya di Kantor Kecamatan Wonokromo,” kata Tomi kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (12/6/2020).

Hilangnya Ukasyah sebelumnya sudah pernah dilaporkan oleh Endang Yusuf (53) kepada Suara Surabaya dan diunggah di facebook e100 pada Rabu (10/6/2020) lalu. Dalam laporannya, Endang mengatakan Ukasyah pergi sejak Kamis siang dan pamit ke keluarga untuk pergi ke sholat ke masjid.

“Kalau kata ibunya, dia pergi setelah dhuhur pamitnya ke masjid mau sholat karena memang sering ke masjid. Tapi kok sampai sekarang belum pulang-pulang,” kata Endang saat lapor ke Radio Suara Surabaya pada Kamis malam.(tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs