Rabu, 1 Februari 2023

Pemerintah Ingatkan Penyintas Covid-19 untuk Menjaga Pola Hidup Sehat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi

Reisa Broto Asmoro Juru Bicara Pemerintah urusan Penanganan Covid-19 mengimbau orang-orang yang sudah sembuh/penyintas bisa mempertahankan pola hidup sehat seperti waktu berjuang mengalahkan Virus Corona di dalam tubuhnya.

Pola hidup sehat antara lain mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin olahraga, dan meneruskan kebiasaan berjemur sinar matahari.

Menurutnya, pola hidup sehat merupakan unsur penting untuk meminimalisir risiko penyintas kembali terinfeksi Covid-19.

“Tetap makan makanan bergizi seimbang, olahraga rutin yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh, jaga kebersihan lingkungan, sering-sering di ruang yang berventilasi bagus, dan teruskan kebiasaan terkena sinar matahari,” ujarnya di Jakarta, Jumat (27/8/2021).

Selain itu, Dokter Reisa juga menyarankan penyintas Covid-19 rutin berkonsultasi dengan dokter.

Dengan begitu, dokter bisa menentukan tindakan yang tepat kalau penyintas mengalami gejala sakit berkepanjangan, istilahnya long covid.

Berdasarkan penelitian organisasi kesehatan dunia (WHO), sindrom pascacovid yang bertahan lama bisa berdampak serius pada kemampuan produktivitas penyintas Covid-19.

Semua orang yang pernah positif Covid-19 berpotensi kena sindrom pascacovid, baik yang bergejala berat, sedang, ringan, atau yang tanpa gejala sakit.

Beberapa peneliti menemukan, risiko long covid bisa lebih tinggi terjadi pada perempuan, orang yang kegemukan (obesitas), dan kelompok usia di atas 50 tahun.

Diperkirakan ada sekitar 200an gejala pada kasus long covid, di antaranya tubuh merasa kelelahan, dan batuk berkepanjangan.

“Karena Covid-19 penyakit baru dan virusnya banyak bermutasi, para ahli dan tenaga medis belum bisa menyimpulkan pola umum gejala pascacovid,” ungkap Reisa.

Sekadar informasi, per tanggal 27 Agustus 2021, jumlah kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi di Indonesia mencapai empat jutaan orang.

Dari jumlah tersebut, ada 3,6 juta orang yang berhasil sembuh dari infeksi Virus Corona.

Pemerintah mengeklaim, angka kesembuhan pasien Covid-19 terus meningkat. Bahkan dalam beberapa pekan terakhir, angka kesembuhan konsisten di atas 30 ribu orang per harinya.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait