Kamis, 28 Maret 2024

Tak Ada Kaitannya Antara Vaksin Covid-19 dengan Gangguan Menstruasi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi

Badan Obat-obatan Eropa (EMA) mengatakan, tidak ada kaitan sebab-akibat antara vaksin Covid-19 dan gangguan menstruasi yang ditemukan sejauh ini.

EMA mengatakan, pihaknya telah meneliti kasus-kasus gangguan menstruasi yang dilaporkan setelah vaksinasi dan telah meminta lebih banyak data dari pengembang vaksin untuk memeriksa masalah tersebut.

Dilansir Antara, gangguan menstruasi bisa muncul karena berbagai sebab, dari stres dan kelelahan hingga kondisi medis yang mendasarinya seperti fibroid dan endometriosis.

Secara terpisah, EMA pada Jumat (6/8/2021) merekomendasikan trombositopenia imun (trombosit darah rendah), pusing, dan tinitus (telinga berdenging) untuk dimasukkan sebagai kemungkinan reaksi yang ditimbulkan oleh vaksin dosis tunggal Johnson & Johnson (J&J).

EMA menekankan manfaat vaksin J&J masih lebih besar dari risikonya.

Mereka menambahkan bahwa 1.183 kasus pusing dan lebih dari 100 kasus tinitus telah dianalisis untuk mencapai kesimpulan itu.

J&J belum memberikan tanggapannya.

Bulan lalu EMA memasukkan gangguan degenerasi saraf langka, Guillain-Barr syndrome (GBS), sebagai kemungkinan efek samping dari suntikan J&J.

Perusahaan yang berbasis di AS itu telah berjuang memasok vaksinnya ke Uni Eropa.

EMA juga menambahkan GBS sebagai kemungkinan efek samping vaksin AstraZeneca. Laporan tentang hal itu masih dipantau, kata EMA.

Vaksin J&J dan AstraZeneca dikembangkan dengan teknologi yang serupa, namun menggunakan versi virus flu yang berbeda untuk membangun kekebalan tubuh.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs