Kamis, 25 April 2024

Tips Mempersiapkan Karier untuk Mahasiswa yang Lulus di Tengah Pandemi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi.

Selama pandemi Covid-19 di Jawa Timur, tercatat sudah ada sebanyak 50.379 pekerja terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan.

Dampak pandemi Covid-19 ini tidak hanya dialami pekerja berbagai perusahaan yang ada di Jawa Timur, tetapi juga mereka para pekerja migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Jatim.

Himawan Estu Bagijo Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim menjelaskan, berdasarkan data per 12 Juni 2020, ada 6.924 pekerja yang tersebar di 231 perusahaan kena PHK.

Dalam keadaan normal, bagi mahasiswa yang baru lulus, mencari kerja bukanlah hal mudah. Terlebih di tengah pandemi seperti sekarang. Banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) hingga pemotongan jam kerja karyawannya, bahkan gulung tikar. Otomatis membuat peluang fresh graduate untuk mendapatkan kerja kian kecil. Sembari menanti keadaan kembali pulih, Anda bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk memperdalam skill dan mengasah kemampuan.

Pertama, banyak wawancara kerja yang dilakukan secara virtual, tanpa bertatap muka. Anda bisa memanfaatkan dengan memperbanyak latihan dan jam terbang di media sosial. Buatlah sebanyak mungkin portofolio digital yang dipromosikan melalui media sosial. Para rekruiter biasanya juga kepo akun media sosial kandidat pekerja.

Jika HRD memproses lamaran pekerjaan, yang tak kalah penting setelahnya adalah mempersiapkan koneksi internet lancar supaya lancar.

Tips selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan program magang yang dibuka oleh beberapa perusahaan untuk memperdalam skill. Dengan mengikuti program magang, Anda dapat bersentuhan dan terjun langsung ke dalam pekerjaan yang ditekuni.

Salah satu hal yang ramai dan digadang-gadang dapat menjadi tren di tengah pandemi yang merubah cara orang berkomunikasi adalah webinar atau pelatihan daring. Banyak instansi, perusahaan maupun individu yang membuat pelatihan dengan beragam topik. Anda bisa memanfaatkannya mulai dari yang gratis maupun berbayar.

Kalau tak ingin menjadi pekerja kantoran, menjadi pengusaha bisa jadi pilihan karier yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yang lulus kuliah di tengah pandemi.(dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs