Senin, 29 April 2024

7 Lokasi Bermain Kayak Terbaik di Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suasana olahraga kayak di Raja Ampat. Foto: Shutterstock

Bukan hanya berlari, bersepeda, berselancar, rafting, atau triathlon ada satu lagi sport tourism yang menarik untuk dicoba, yakni kayak atau kayaking. Termasuk sport tourism yang dilakukan di air, sekilas kayaking mirip dengan rafting atau arung jeram. Hanya saja, rafting dilakukan secara berkelompok, sedangkan kayaking hanya bisa dilakukan sendiri atau berdua.

Kayaking adalah olahraga air yang mengharuskan kita untuk mengendalikan sebuah perahu menggunakan dayung bernama kayak. Meskipun terlihat sederhana, namun kayaking termasuk olahraga yang cukup menantang dan dapat memacu adrenalin.

“Sport tourism seperti kayak masuk ke dalam wisata minat khusus. Kayaking sendiri ada yang long distance dan ada yang jeram. Belakangan juga komunitas kayak di Indonesia juga mulai banyak yang melakukan kayak touring, seperti di Danau Toba,” kata Didi Kasim selaku Editor in Chief National Geographic Indonesia seperti dilansir laman kemenparekraf.go.id.

Meskipun tidak jarang orang memilih berolahraga kayak di sungai berarus liar dan penuh tantangan, namun terkadang juga ada melakukan olahraga kayak di perairan yang tenang. Tujuannya untuk lebih menikmati pemandangan alam sekeliling yang indah.

Paling penting, “Kriteria lokasi yang ideal untuk bermain kayak adalah memastikan apakah di lokasi tersebut ada regulasinya. Artinya pemerintah setempat telah menetapkan wilayah tersebut aman untuk kayaking, apakah akan mengganggu aktivitas warga setempat, apakah ada pemandu dan sudah berizin. Misalnya, kalau di pesisir pantai, kita harus memastikan apakah kayaking akan mengganggu jaring ikan warga atau tidak,” terang Didi lagi.

Nah, bagi yang tertarik mencoba kayaking, berikut 7 lokasi bermain kayak terbaik di Indonesia yang patut dijajal untuk menguji adrenalin:

Raja Ampat

Sebagai salah satu hidden gem di Indonesia, Raja Ampat termasuk destinasi bermain kayak terbaik di Indonesia yang patut wisatawan jajal. Lokasi ini semakin menarik karena wisatawan dapat langsung melihat “penghuni” surga bawah laut di Raja Ampat.

Pasalnya, 75% biota laut di dunia ada di Raja Ampat. Sehingga kita bisa menikmati keindahan alam yang tidak bisa ditemukan di manapun. Hanya saja, untuk bermain kayak di Raja Ampat membutuhkan teknik menjaga keseimbangan yang baik. Pasalnya, Raja Ampat memiliki ombak yang cukup besar dan menantang khas lautan Indonesia Timur.

Pantai Sanur

Di Pantai Sanur, Bali bisa bermain kayak sambil berwisata. Foto: Antara

Selain Pantai Kuta, Pantai Sanur menjadi destinasi wisata berpasir putih dan berair jernih di Bali yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bagi penikmat olahraga kayak, Pantai Sanur adalah pilihan yang tepat. Karena memiliki ombak yang tenang dan arus laut yang tidak terlalu kencang.

Kita hanya perlu sedikit mendayung ke tengah, kemudian menikmati pemandangan pasir putih yang mengelilingi pantai sambil merasakan hembusan angin yang sangat menenangkan. Jangan khawatir jika tidak memiliki peralatan kayak, karena tersedia penyewaan di sekitar Pantai Sanur.

Nusa Lembongan

Selain Pantai Sanur, lokasi bermain kayak di Bali yang tidak kalah menarik adalah Nusa Lembongan. Pulau kecil ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menenangkan diri sambil kayaking.

Panorama pantai yang indah, air laut berwarna biru jernih, dan pemandangan pasir putih yang sangat luas menjadi daya tarik kayaking di Nusa Lembongan. Jika bosan bermain kayak, wisatawan juga bisa lanjut melakukan snorkeling, menyelam, atau berselancar di Nusa Lembongan.

Danau Toba

Bermain kayak di Danau Toba. Foto: tobaria.com

Memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, serta kedalaman sekitar 505 meter, tidak heran jika Danau Toba menjadi danau terluas dan terdalam kedua di Indonesia. Ada banyak cara menikmati keindahan Danau Toba, salah satunya dengan bermain kayak.

Danau Toba cenderung memiliki perairan yang cukup tenang. Sehingga, bagi wisatawan yang tertarik bisa langsung mencoba berlatih dan menjaga keseimbangan saat kayaking agar tidak terjatuh. Sambil menikmati pemandangan bukit hijau yang mengelilingi danau untuk menyegarkan pikiran.

Batu Lumpang

Destinasi lokasi bermain kayak terbaik di Indonesia berikutnya adalah Batu Lumpang. Berlokasi di Pangandaran, Jawa Barat, Batu Lumpang menjadi tempat bermain kayak yang sangat menarik.

Sejak tiba, wisatawan akan dibuat kagum dengan pemandangan eksotis sungai yang diapit oleh batuan karst cantik nan megah. Hal yang perlu diingat Batu Lumpang memiliki arus yang cukup menantang, dan sayang untuk dilewatkan begitu saja bagi pecinta olahraga memacu adrenalin.

Sungai Asahan

Kalau sebelumnya cenderung memiliki arus yang tenang, Sungai Asahan menjadi destinasi olahraga kayak di Indonesia yang menantang. Berlokasi di Sumatera Utara, Sungai Asahan memiliki aliran cukup deras, dan menjadi destinasi favorit pecinta olahraga outdoor seperti kayak dan arung jeram.

Ada lima level di Sungai Asahan, pertama adalah level 1-3 memiliki aliran tidak terlalu deras dan dikelilingi pemandangan hijau yang indah. Lalu, level 4-5 dikenal sangat ekstrim, dan tidak disarankan untuk wisatawan atau pemula. Saking menegangkannya, Sungai Asahan menjadi sungai terbaik nomor 3 di dunia dalam dunia olahraga arus deras!

Kepulauan Mentawai

Manikmati wisata sambil bermain kayak di perairan Kepulauan Mentawai. Foto: travelblog.id

Ingin kayaking di tengah laut sambil merasakan langsung deburan ombak yang menantang? Bermain kayak di Kepulauan Mentawai adalah pilihan yang tepat.

Dikenal sebagai tempat surfing yang menantang, Kepulauan Mentawai memiliki ombak menantang dan cukup liar, namun bikin penasaran. Menjaga keseimbangan adalah keharusan agar kita tidak “kalah” dengan ombak dan berakhir nyebur ke dalam air.

Sambil terus diterpa deburan ombak yang kencang, wisatawan juga bisa dapat sekaligus menikmati keindahan alam yang masih sangat alami. Dijamin, menjadi pengalaman kayaking terbaik. Tertarik mencobanya? (iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs