Jumat, 26 April 2024

Dinas Peternakan Jatim Buka Jasa Penitipan Hewan Peliharaan Selama Masa Mudik Lebaran

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi hewan kucing dan pemiliknya. Foto: Pixabay.

Indyah Aryani Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur mengatakan sekarang Dinas Peternakan membuka periode penitipan hewan khusus anjing dan kucing selama Hari Raya Idulfitri atau periode mudik Lebaran.

“Alamat penitipan kami di Rumah Sakit Hewan Jalan Ahmad Yani Nomor 202 yang jadi satu dengan Dinas Peternakan Jawa Timur. Kami membuka masa pendafatran dari tanggal 20 sampai 28 April 2022. Untuk nomor kontak bisa menghubungi 0851-0300-0048,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (24/4/2022).

Indyah melanjutkan, untuk membuka jasa penitipan hewan, Dinas Peternakan Jawa Timur memiliki beberapa fasilitas supaya hewan peliharaan nyaman dan tetap sehat.

“Kami memiliki fasilitas penataan kandang yang memadai supaya tidak berdesakan dan tidak membuat hewan menjadi stres. Kemudian, ada kandang eksklusif khusus untuk anjing berukuran besar,” tuturnya.

Dia melanjutkan, ada juga pakan kering dan minuman layak konsumsi untuk hewan peliharaan. Lalu, ada general check up untuk vitamin dan vaksin sebelum check out yang dipantau langsung dokter hewan,” imbuhnya.

Sekarang, Dinas Peternakan sudah menampung hewan peliharaan dan masih menyisakan sekitar 22 ruang untuk anjing kecil dan tiga untuk anjing besar.

Dinas Peternakan Jawa Timur juga menetapkan beberapa persyaratan buat hewan yang ingin dititipkan, di antaranya hewan harus dalam keadaan sehat, dan sudah divaksin. Kalau belum divaksin, harus divaksin minimal tiga hari sebelum dititipkan.

Penitipan hewan milik Dinas Peternakan yang sudah buka sekitar 10 tahun itu mengumumkan varian harga penititpan sesuai Perda Jatim Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Retribusi Daerah.

Biaya penitipan hewan peliharaan di kisaran Rp40-Rp90 ribu yang ditentukan sesuai ukuran berat badan hewan.

Pada kesempatan itu, Indyah menyampaikan beberapa pesan kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan menjelang momentum mudik.

“Ada dua alternatif saat momentum mudik ini, yang pertama menitipkan hewan dan yang kedua membawa hewan ikut mudik. Bagi yang ingin menitipkan, kami siap memberikan pelayanan yang baik untuk para hewan. Namun, bagi yang ingin membawa hewan ikut mudik harus ada persiapan yang sangat matang karena hewan bisa stres, khususnya kucing mudah stres kalau dibawa perjalanan,” pungkasnya.

Sekadar infromasi, Rumah Sakit Hewan Dinas Peternakan Jatim membuka playanan penitipan sampai tanggal 8 Mei 2022.(wld/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs