Jumat, 12 April 2024

Tips Menitipkan Hewan Peliharaan Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Petugas Pet Shop di Surabaya saat menggendong salah satu kucing yang dititipkan, Selasa (19/4/2022). Foto: Retha Yuniar suarasurabaya.net

Meninggalkan hewan kesayangan saat kondisi rumah kosong ditinggal mudik pasti membuat khawatir pemiliknya.

Maka tak heran, penitipan hewan atau pet shop seringkali jadi opsi.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih lokasi penitipan hewan.

Pertama, cari penitipan terpercaya dengan melihat rating dari Google.

Kedua, lakukan survei lokasi. Biasanya tempat penitipan hewan juga menjual beberapa perlengkapan dan makanan hewan. Sebelum dititipkan, survei bisa dilakukan sambil membeli makanan hewan.

Lalu saat survei, Anda bisa menanyakan fasilitas apa saja yang didapat selama hewan kesayangan dititipkan. Rata-rata untuk penitipan per 24 jam ada berkisar antara Rp30-40 ribu.

Kemudian pastikan kebersihan kandang hewan di lokasi penitipan. Anda tentu tidak ingin kan hewan peliharaan kesayangan terkena penyakit karena kebersihannya tidak dijaga.

Ayu Prihatin, karyawan Albells Petshop mengatakan, untuk lebaran kali ini sudah ada beberapa pelanggan yang booking saat lebaran.

“Untuk penitipan saat ini belum banyak. Tapi yang booking untuk lebaran sudah ada. Kalo sekarang grooming yang banyak,” tutur Ayu karyawan pet shop di kawasan Surabaya Barat kepada suarasurabaya.net, Selasa (19/4/2022).

Jadi tips selanjutnya, lakukan reservasi atau booking sesuai tanggal yang diinginkan. Sebab beberapa tempat penitipan sudah memiliki daftar waiting list untuk tanggal tertentu. Khawatirnya, di tempat penitipan sudah full book saat Anda ingin menitipkan hewan kesayangan.

Ayu menuturkan, keuntungan menitipkan hewan pada petshop kepercayaan adalah bisa membantu pemilik untuk selalu memantau kondisi hewan peliharaannya.

“Kami sendiri selalu mengirim video ke pemilik saat pemberian makan, saat pengobatan kalau memang sedang sakit dan saat grooming, ” ujar Ayu.

Mempercayakan pengurusan pada petshop juga dapat meminimalisir risiko hewan terkena stres di kendaraan saat diajak mudik.

“Kadang kalau di rumah pasir di liter box nya sudah penuh pup, kucing biasanya cenderung cari tempat lain. Nah kan malah repot kalau pup sembarangan di rumah,” imbuhnya.

Ayu menambahkan, pemilik pet shop tempat dia bekerja akan menambah kandang agar bisa menampung lebih banyak kucing.

“Mungkin maksimal sepuluh kucing. Karena setiap kucing kan juga harus diperhatikan. Nanti kalau terlalu banyak, takut belum bisa maksimal dalam perawatannya malah kasian,” pungkasnya.(tha/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 12 April 2024
31o
Kurs