Jumat, 19 April 2024

Dokter: Batasi Asupan Gula Maksimal Empat Sendok Makan Sehari untuk Cegah Diabetes

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi gula dan kadar gula darah. Foto: Pixabay

Dokter Arti Indira, Mgizi, Sp.Gk, FINEM., dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan asupan gula harus dibatasi maksimal empat sendok makan sehari atau 50 gram. Hal itu merupakan rekomendasi batas harian yang aman demi mencegah penyakit diabetes.

“Gula maksimal empat sendok makan sehari atau 50 gram,” kata Arti di Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Di Indonesia, ketentuan batasan asupan gula harian yang dianjurkan telah tertera dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2013 di mana konsumsi gula pada orang dewasa maksimal 50 gram atau empat sendok makan per hari untuk menghindari risiko penyakit seperti diabetes.

Ia menjelaskan asupan gula yang berlebihan memberikan dampak-dampak buruk terhadap kesehatan, yakni risiko penyakit tidak menular seperti diabetes.

“Gula darah tinggi, efek sampingnya diabetes,” jelas dia dikutip dari Antara.

Penyakit diabetes melitus tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dikontrol. Penderita penyakit diabetes melitus harus rutin mengontrol gula darah dan minum obat agar penyakit bisa dikendalikan.

Dia menegaskan pentingnya untuk dapat selalu memperhatikan kadar gula, garam dan lemak yang dikonsumsi per harinya agar dapat mengurangi risiko menderita penyakit tidak menular lain seperti penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit ginjal.

“Meski tidak menular, penyakit-penyakit tersebut diketahui memiliki angka kematian yang cukup tinggi,” jelas dia.

Arti juga memaparkan terlalu berlebihan mengonsumsi gula dapat membuat seseorang berisiko pada masalah kesehatan, seperti gula darah tinggi, obesitas hingga diabetes melitus.

Penerapan perilaku “Cerdik” yang dikampanyekan Kementerian Kesehatan diharapkan dapat mencegah terjadinya diabetes melitus yang termasuk dalam kategori penyakit tidak menular.

Perilaku “Cerdik” adalah singkatan dari cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin beraktivitas fisik dan rajin berolahraga, diet dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, serta kelola stres.

Memodifikasi gaya hidup juga salah satu solusi yang bisa diterapkan oleh penderita diabetes atau untuk mencegah penyakit diabetes.

Menjaga kebugaran dengan cara berolahraga dapat dilakukan setidaknya tiga hingga lima kali setiap pekan dengan durasi minimal 30 menit setiap sesi.(ant/gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs