Sabtu, 21 Mei 2022

Jam Kerja Singkat-Gaya Hidup Sehat, Ini Daftar Lama Jam Kerja Sejumlah Negara Termasuk Indonesia

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi pekerja. Foto: Pixabay

Lenstore, laman optik daring asal Inggris menganalisis 48 kota untuk menentukan kota-kota dengan gaya hidup paling sehat pada 2022.

Satu dari 10 kriteria penentu gaya hidup sehat sebuah negara adalah jam kerja rata-rata, yang juga akan mempengaruhi kesehatan seseorang.

Hasil studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, bekerja dengan jam kerja panjang telah membunuh ratusan ribu orang setiap tahun di tengah tren yang memburuk karena pandemi Covid-19.

Studi global pertama tentang hilangnya nyawa terkait jam kerja yang lebih panjang itu terpublikasi dalam sebuah makalah yang dimuat di dalam jurnal Environment International.

Ada sebanyak 745.000 orang meninggal pada 2016 silam karena stroke dan penyakit jantung, yang dalam studi itu dinyatakan berkaitan dengan jam kerja yang panjang.

Angka itu meningkat hampir 30 persen sejak 2000 silam sampai 2016 lalu. WHO menyatakan, lonjakan pekerja jarak jauh dan pelambatan ekonomi global akibat Pandemi Covid-19 kemungkinan besar akan meningkatkan risikonya.

Sementara itu, berdasarkan data Business Insider dan World Economic Forum, terlihat bahwa ada sejumlah negara dengan jam kerja yang bisa dikatakan singkat dan ada yang cukup lama.

Secara umum bisa disimpulkan, negara maju menerapkan jam kerja relatif singkat. Sementara, 10 negara berkembang di dunia menerapkan jam kerja relatif lama.

Berikut ini daftar negara-negara dengan jam kerja relatif singkat dan negara-negara dengan jam kerja relatif lama yang dirangkum suarasurabaya.net dari berbagai sumber.

1. Belgia

Belgia salah satu negara paling seimbang di dunia. Bahkan tanpa peran presiden sekali pun laju pemerintahan di Belgia bisa berjalan baik karena mengandalkan penerapan sistem dan aturan. Jam kerja di Belgia hanya 5 jam setiap harinya.

2. Swedia

Meski dinilai berisiko, Swedia berani mengurangi jam kerja penduduknya agar bisa meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan. Hasilnya justru berdampak positif pada kinerja perusahaan di Swedia. Swedia jadi salah satu negara paling kompetitif di dunia meski jam kerjanya hanya 4 jam 40 menit setiap hari.

3. Jerman

Walau memiliki jam kerja singkat namun regulasi tersebut tampaknya sama sekali tidak memengaruhi produktivitas Jerman sebagai salah satu negara termaju di dunia. Padahal pekerja di Jerman hanya punya jam kerja sebanyak 4 jam dalam sehari.

4. Perancis

Pemerintah Kota Paris menerapkan lima hari waktu kerja dengan total 30 jam 50 menit dalam seminggu. Artinya warga Paris hanya bekerja selama 6 jam 10 menit setiap hari dengan dua hari libur. Sedangkan secara nasional Perancis memiliki jam kerja hanya 4 jam 15 menit.

5. Denmark

Denmark terutama Kota Kopenhagen merupakan salah satu negara dengan tingkat kemakmuran tertinggi dan angka gini ratio rendah. Semua predikat itu didapat Denmark dengan jam kerja hanya 4 jam sehari.

Sebaliknya, rata-rata jam kerja terlama justru sama sekali tidak menyertakan satu pun negara asal Eropa. Berikut ini daftar negara dengan jam kerja relatif lama.

1. Hongkong

Hongkong merupakan rumah bagi banyak perusahaan multi nasional terbesar di dunia. Maka tidak mengherankan bila para pekerja di Hongkong memiliki jam kerja terlama di dunia yaitu 8 jam 15 menit.

2. India

India jadi salah satu negara tersibuk dan berpenduduk terbesar di Asia. Namun tidak sedikit penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Sehingga bekerja keras dengan menghabiskan 7 jam kerja dalam satu hari dinilai sebagai solusi mengentaskan kemiskinan.

3. Meksiko

Para pegawai di Meksiko bekerja 16 persen lebih lama dari rata-rata waktu secara global. Pasalnya warga Meksiko meski bekerja selama 7 jam 15 menit dalam satu hari.

4. Thailand

Thailand tercatat memiliki jam kerja 7 jam dalam satu hari dan hanya diperkenankan mengambil cuti selama 9 hari dalam satu tahun. Sebuah regulasi yang teramat memberatkan para penduduknya.

5. Indonesia

Tidak mengherankan bila Indonesia masuk dalam daftar ini karena memang banyak perusahaan memberlakukan waktu 8 jam kerja dalam satu hari. Namun rata-rata pegawai di Indonesia bekerja selama 6 jam 40 menit dalam satu hari dengan hanya 12 hari libur cuti dalam satu tahun.(den)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 21 Mei 2022
29o
Kurs