Selasa, 5 Juli 2022

Kiat Agar Selalu Semangat dan Fokus Saat Bekerja

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Freepik

Jika Anda sedang dalam mood atau suasana hati yang kurang baik dan sulit fokus saat bekerja, bisa jadi energi mental Anda sudah hampir habis.

Energi mental umumnya menggambarkan kemampuan untuk melakukan pekerjaan kognitif seperti merencanakan dan membuat keputusan, memperhatikan sesuatu, hingga mengingat informasi.

Energi mental yang rendah akan membuat otak Anda benar-benar merasa terkuras. Mungkin Anda tidak lelah secara fisik, namun pikiran yang melayang akan membuat Anda bekerja dengan lambat karena tidak fokus dan mood yang tidak baik.

Berikut ini adalah kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk membantu mengisi ulang “bateral” energi mental Anda, dikutip Antara dari Healthline, Rabu (4/5/2022).

Pastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup

Jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, hal ini akan berdampak besar pada energi mental dan fisik. Cobalah menambahkan ikan berlemak seperti tuna dan salmon, kacang-kacangan, bayam, kangkung, kiwi, jeruk, telur, yoghurt, keju, hingga sereal gandum utuh ke dalam menu makanan Anda.

Minum kopi atau teh

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi sekitar 40 hingga 300 miligram kafein dapat membantu meningkatkan kewaspadaan, ingatan, hingga kemampuan dalam mengambil keputusan.

Banyak bergerak

Menurut American Psychological Association (APA), olahraga memiliki manfaat untuk pikiran dan tubuh Anda. Selain meningkatkan kesehatan fisik, olahraga teratur juga dapat meningkatkan mood, meningkatkan daya ingat dan proses berpikir, serta kestabilan mental dan emosional secara keseluruhan.

Mengonsumsi suplemen

Suplemen tertentu juga dapat meningkatkan energi mental dan mengarah pada peningkatan memori, pemikiran, dan perhatian. Beberapa suplemen yang terkait dengan peningkatan energi mental dan kekuatan otak di antaranya vitamin B12, kurkumin, ginseng, dan ginkgo biloba.

Meditasi

Meditasi secara teratur dapat memudahkan dalam memperbarui energi dalam pikiran dan tubuh. Meditasi bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke otak, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kemampuan untuk fokus, dan membantu menciptakan ruang tenang bagi otak.

Tidur cukup

Meski kebutuhan tidur dapat bervariasi, tapi kebanyakan orang dewasa membutuhkan tidur 7 hingga 9 jam setiap malam.

Jika ini tidak dilakukan, Anda mungkin akan merasa sulit mencerna informasi dan kesulitan mengatur emosi. Selain itu, kurang tidur juga dapat memberikan masalah serius bagi kesehatan mental dan fisik Anda dari waktu ke waktu.(ant/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
27o
Kurs