Kamis, 28 Maret 2024

Kolaborasi Maritim Gelar Donor Darah di Atas Kapal

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pendonor mengikuti aksi Mariners Peduli: Donor Darah di Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (21/12/2022). Foto: Humas Pelindo Marines

PT Pelindo Marine Service (Pelindo Marines) kembali mengadakan aksi sosial Mariners Peduli: Donor Darah di Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA), yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (21/12/2022).

Kegiatan yang bertajuk Aksi Sosial Mariners Peduli tersebut merupakan Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dari anak usaha BUMN Pelindo, yang meloloskan tak kurang dari 201 pendonor.

Sam Pambudi salah satu peserta donor darah menceritakan bahwa ia mengayuh sepeda mengikuti Bike To Work Komunitas Port Sally Club dari rumahnya di Waru, Sidoarjo, hingga ke lokasi acara di area Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Agenda Bike To Work kali ini spesial, karena setelah sarapan bersama dengan menu kuliner tradisional seperti nasi krawu dan tawa. Lalu disambung dengan aksi sosial donor darah di atas Kapal RSTKA yang berbentuk Phinisi. Sembari melihat gagahnya Patung Jalesveva Jayamahe, bangunan cagar budaya Menara Syahbandar, dan kapal yang berlalu lalang di Selat Madura. Pengalaman baru bagi saya. Dapat sehat, dapat kenyang, dapat aksi sosial,” paparnya.

Warsilan Direktur Utama Pelindo Marines mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pemangku kepentingan maritim dan lembaga sosial yang berkolaborasi.

“Kolaborasi dan partisipasi dari para pemangku kepentingan menjadi kado spesial bagi Pelindo Marines, karena aksi Mariners Peduli ini merupakan rangkaian agenda menuju peringatan HUT ke-11 Pelindo Marines, 31 Desember 2022,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net.

Sembari para pendonor menunggu giliran donor darah, ada bincang-bincang atau health talk tentang tips kesehatan dengan berolahraga yang diisi dokter perusahaan Pelindo Marines sebagai narasumber.

Dalam suasana menuju peringatan hari ulang tahunnya tersebut, Pelindo Marines menyiapkan paket sembako dan voucher belanja untuk para pendonor. PMI Kota Surabaya juga menambahkan paket nutrisi.

“Pelindo Marines dan Serikat Pekerja PT Pelindo Marine Service sekaligus menyampaikan donasi yang digalang pegawai untuk korban bencana alam gempa bumi Cianjur dan erupsi Gunung Semeru. Ini disalurkan secara simbolis dan kerja sama dengan komunitas Bangga Surabaya Peduli di bawah naungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkot Surabaya senilai Rp50,2 juta,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Agus Harianto Direktur RSTKA membenarkan bahwa kegiatan ini tidak hanya berbagi kesehatan, tetapi juga berbagi kebahagiaan.

“PMI Kota Surabaya mendapatkan tambahan stok darah dari masyarakat dan insan maritim di Tanjung Perak. Para pendonor selalu senang bisa mendonorkan darahnya. Semangat kemanusiaan ini juga merupakan semangat yang selalu digaungkan dalam setiap misi kemanusian Kapal RSTKA yang selalu sigap membantu korban bencana di berbagai daerah di Indonesia, serta rutin berlayar ke pulau-pulau terpencil untuk menjadi fasilitas kesehatan yang representatif bagi mereka yang membutuhkan,” tutup Agus.(rum/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs