Kamis, 25 April 2024

Musim Pancaroba, Berikut Kiat Menjaga Daya Tahan Tubuh

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Dosen Unair Bagikan Kiat Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba. Foto: Humas Unair

Musim pancaroba identik dengan munculnya berbagai penyakit, seperti flu, batuk, demam, dan sebagainya. Hal tersebut disebabkan karena perubahan cuaca yang ekstrem membuat daya tahan tubuh menjadi menurun sehingga rentan terkena berbagai penyakit. Oleh sebab itu, masyarakat harus pandai untuk menjaga kesehatan tubuh.

Maya Septriana Dosen Program Studi D3 Pengobat Tradisional, Universitas Airlangga (Unair) mengimbau, selama musim pancaroba setiap orang harus memiliki kesadaran penuh untuk menerapkan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap kuat.

Ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh di tengah musim pancaroba, yakni mengatur pola makan, mengetahui kondisi tubuh dan istirahat yang cukup.

Maya menuturkan di sela-sela kesibukan aktivitas, kebutuhan nutrisi tetap harus terpenuhi. Mulai dari sarapan pagi dengan asupan bergizi, makan siang dengan nutrisi yang lengkap, dan makan malam secukupnya.

“Ada orang yang pilih-pilih makanan, misalnya hanya suka buah dan sayur tertentu. Sebaiknya, kita usahakan makan buah dan sayur yang bervariasi karena kandungan nutrisi dan gizinya berbeda-beda. Jadi harus divariasikan. Tidak perlu makan banyak, sedikit-sedikit juga itu bakal terpenuhi,” tuturnya pada keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (18/10/2022).

Selain itu, ia menambahkan bahwa dalam ilmu pengobatan tradisional, makan makanan dengan berbagai warna dan rasa dapat memberikan pengaruh pada kesehatan tubuh. Warna dan rasa tertentu pada makanan secara otomatis akan masuk ke bagian organ tubuh manusia.

“Contohnya, warna putih seperti sawi putih dan lobak putih itu bisa memperkuat sistem organ paru. Warna hijau misalnya alpukat, bayam dan lainnya itu akan memproteksi organ hati. Kemudian warna merah itu akan memproteksi organ jantung, seperti tomat, paprika, dan lain-lain,” jelasnya.

Maya juga menambahkan bahwa semua rasa juga harus seimbang, tidak boleh berlebih karena dapat melukai organ-organ tubuh. Organ Lambung dan limfa akan terkena dampak jika banyak minuman manis. Padahal, dua organ itu erat hubungannya dengan berpikir dan orang akan sulit konsentrasi. Begitupun dengan rasa lainnya.

Lalu yang kedua mengetahui kondisi tubuh. Di musim yang tidak menentu ini, ia mengimbau agar setiap orang dapat mengenal dan menilai kondisi tubuhnya masing-masing. Jika kondisi tubuh tidak sesuai dengan situasi sekitar, maka ada yang tidak seimbang dalam tubuh.

Contohnya, ketika seseorang berada di ruangan yang ber-AC, lalu dia tiba-tiba merasa kedinginan. Itu berarti, tubuhnya sudah memberi sinyal bahwa ia tidak dalam keadaan yang fit. Jika terjadi hal seperti itu, Maya menyarankan untuk minum air hangat atau wedang jahe karena dapat menghangatkan tubuh dan meningkatkan imunitas.

Di sisi lain, ketika seseorang berada di tempat yang panas, lalu ia mudah merasa haus dan tenggorokan kering. Itu berarti, tubuhnya sedang kekurangan cairan. Untuk mengantisipasinya, bisa dengan mengonsumsi minuman herbal yang bersifat mendinginkan, seperti air rebusan alang-alang dan air kacang hijau.

Terakhir, istirahat dengan cukup. Maya mengatakan, indikator keberhasilan dari istirahat dapat dirasakan saat bangun tidur di mana tubuh menjadi segar dan fit kembali. Oleh karena itu, tidur cukup minimal 6-8 jam per hari. Namun, jika tubuh masih terasa pegal dan berat saat bangun tidur. Itu bisa disebabkan oleh faktor patogen yang ada dalam tubuh.(rum)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs