Jumat, 29 Maret 2024

Perancang Busana Korea Hadirkan Motif Batik Karya Menswear

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sebagian karya Kim Seo Ryong, perancang Korea Selatan bertajuk "Resort Collection 2022/23" yang menghadirkan motif-motif batik dalam karya pakaian pria atau menswear. Foto: Antara

Kim Seo Ryong, Perancang busana Korea Selatan menghadirkan motif-motif batik dalam karya pakaian pria atau menswear sebagai hasil kolaborasi dengan label batik Iwan Tirta Private Collection.

Berbagai motif batik yang menjadi koleksi terbarunya bertajuk Resort Collection 2022-2023 muncul dalam berbagai potongan, mulai dari bomber jacket, flare pants, jas hingga long coat yang ditampilkan secara daring, pada Jumat (12/8/2022).

Kim Seo Ryong memilih motif Nusantara bernuansa cerah karena memiliki kesan tak lekang waktu (timeless) dan sesuai untuk kalangan atas di Korea Selatan.

Pemilihan warna terang atau motif yang ikonik, dengan siluet busana yang arsitektural dan dekonstruktif juga memberi nafas baru penampilan busana pria.

Kim Seo Ryong mengapresiasi batik Indonesia, terutama batik tulis yang dikerjakan secara manual. Apalagi tantangan mengolah karya dari kain batik yang menurutnya, terkadang ukuran kain terbatas serta memiliki motif yang juga sakral dan harus sesuai pakem.

Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan berharap kolaborasi yang difasilitasi KBRI Seoul dapat mempromosikan sektor ekonomi kreatif dan budaya Tanah Air di Negeri Ginseng.

“Kolaborasi ini mencerminkan batik tidak hanya sebagai warisan budaya bangsa, tetapi juga wearable arts dan produk kreatif yang disambut hangat oleh masyarakat Korea Selatan,” ujar Gandi, seperti yang dikutip Antara, Sabtu (13/8/2022).

Ia juga berharap, bahwa kolaborasi perdana ini diharapkan dapat menciptakan peluang kerja bagi talenta muda Indonesia dan Korea Selatan.

Sementara itu, Widiyana Sudirman CEO PT Iwan Tirta selaku pemilik label ITPC mengatakan, koleksi karya Kim Seo Ryong adalah pencapaian baru yang dapat membuat batik mendapatkan perhatian kalangan bergengsi di pasar internasional.

“Sebuah kehormatan bagi kami, ketika motif batik Iwan Tirta, diapresiasi begitu tinggi oleh Kim Seo Ryong, desainer bereputasi di Korea Selatan,” tutur Widiyana.

Sebagai informasi, koleksi Kim Seo Ryong yang menggunakan kain batik Iwan Tirta, dapat ditemukan secara eksklusif di butik Kim Seo Ryong pada Agustus 2022 di kawasan Gangnam, Korea Selatan. (ant/des/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs