Sabtu, 20 April 2024

Optimis Batik Diminati, Tapi Pesimis Minimnya Desainer Motif Batik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Jawa Timur masih minim desainer motif batik. Foto: Totok suarasurabaya.net

Keberadaan Batik dengan berbagai motif yang ada saat ini, dipastikan bakal diminati anak-anak muda serta generasi mendatang. Tetapi jika menyangkut desain motifnya, sepertinya tidak perlu terlalu berharap banyak.

“Karena faktanya memang demikian. Batik pasti bakalan dicintai dan dihargai generasi selanjutnya. Karena batik memang luar biasa. Tapi jika menyangkut keberadaan motifnya, ini yang bikin pesimis,” ujar Lintu Tulistyantoro Ketua Kibas dan peneliti batik.

Saat ini, lanjut Lintu, Jawa Timur sejatinya memiliki beragam motif dalam hubungannya dengan batik. Motif-motif tersebut sejak dulu memang sudah ada. Sayangnya motif-motif tersebut seolah tidak berkembang.

“Itu bisa jadi karena memang tidak banyak kreator atau desainer motif batik di Jawa timur. Sehingga motif yang ada tidak pernah dikreasikan. Kesannya motif batik Jawa timur, mandek,” kata Lintu.

Oleh karena itu, perlu digelar berbagai upaya kegiatan untuk menghadirkan atau memunculkan para desainer baru sehubungan dengan motif-motif batik di Jawa Timur tersebut.

Mulai dari lomba hingga memasukkan program-program pendidikan dasar batik kedalam kurikulum pendidikan disekolah-sekolah harus dilaksanakan.

“Peran pemerintah, mulai tingkat kelurahan hingga provinsi punya peran masing-masing yang penting guna terus menerus mengembangkan motif-motif batik. Sehingga keberadaan batik Jawa timur tetap eksis dan terus berkembang,” pungkas Lintu Tulistyantoro pada suarasurabaya.net, Jumat (2/10/2015).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs