Senin, 30 Januari 2023

Perkenalkan Salmon Alaska Melalui Hasil Olahan Chef Thomas Tirta

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Thomas Tirta saat menjelaskan beberapa menu yang disajikan saat Alaska Seafood Dinner is memperkenalkan Salmon Alaska di G Flavors Tunjungan Plaza 6 Surabaya, Kamis (1/12/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Alaska Seafood Marketing Institute menggelar acara berkonsep fine dining dalam rangka memperkenalkan Salmon Alaska bertajuk Alaska Seafood Dinner di G Flavors Tunjungan Plaza 6 Surabaya pada Kamis (1/12/2022) malam.

Penduduk asli Alaska menjadikan praktik panen salmon tradisional sebagai basis ekonomi dan memiliki insentif yang kuat untuk mendukung pengelolaan perikanan jangka panjang.

Mayoritas salmon Alaska yang ditangkap secara komersial didaratkan dan diproses di tempat pengolahan makanan laut di sejumlah komunitas pesisir kecil sepanjang 34.000 mil garis pantai Alaska.

Thomas Tirta Chef Owner The G Flavors menyampaikan bahwa salmon Alaska lebih organik karena hidup di laut.

“Salmon wild caught makanannya lebih natural. Sehingga aman untuk dikonsumsi.” ujarnya saat ditemui suarasurabaya.net.

Pada Kamis (1/12/2022) malam, Chef Thomas mempersiapkan sejumlah menu, di antaranya Salmon Skin Cracker with Cured Salmon & Wasabi Mayo sebagai amuse bouche, tiga menu appetizer yaitu Black Arancini Salmon with Tobiko & Black Garlic, Salmon Ceviche, Petite Pome Salad, dua main dish yaitu Nasi Bakar Salmon dan Tuscan Salmon, serta Es Rujak Nanas sebagai dessert.

Ia juga menyampaikan tantangan mengolah salmon wild caught.

“Kesulitannya, salmon wild caught pada saat dimasak harus lebih hati-hati, agar tidak terlalu kering. Tapi memang cenderung tidak amis dan cocok diolah menjadi berbagai tipe masakan,” jelasnya.

Dari berbagai menu yang diolah hari ini, Chef Thomas mengatakan bahwa Tuscan Salmon memiliki tingkat kesulitan paling tinggi.

“Meskipun hanya digrill, tapi kalau terlalu lama sedikit saja, bisa terlalu kering,” ujarnya.

Chef Thomas menyampaikan ke depannya ia ingin memperkenalkan makanan gluten free dan vegan untuk mendukung pola hidup sehat.

Tienekke International sales PT Bumi Menara Internusa menyampaikan rencana ke depannya untuk mengimpor jenis lain.

“Sekarang kan hanya salmon jenis coho, chum, sama sockeye, selanjutnya kita akan ambil king salmon. Januari nanti kita ambil dungeness crab Alaska dan sablefish Alaska,” ujarnya.(red/ipg)

Berita Terkait