Sabtu, 18 Mei 2024

Pengamat Ingatkan Jaga Data Pribadi, dan Percakapan Privasi di Dunia Maya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Perlindungan Data Pribadi. Foto: Pixabay

Pada era yang canggih serta banyaknya media sosial yang bermunculan, diperlukan penjagaan yang ketat akan data pribadi di dunia digital, karena terdapat ancaman yang cukup besar akibat pengelolaan data pribadi yang kurang baik.

“Ada nasabah yang tiba-tiba kehilangan uang, karena terjadi penyalinan data pribadi di kartu ATM dan pada akhirnya dana bisa berpindah ke tempat yang lain,” ujar Devi Ardiyanti Dosen Universitas Ahmad Dahlan, dalam keterangan pers, seperti yang dikutip Antara, Kamis (21/7/2022).

Dalam webinar berjudul “Kiat-kiat Aman Berselancar di Internet” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Devi juga telah menyampaikan hal tersebut

Ia menjelaskan perlindungan data pribadi telah diatur Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Namun masyarakat tetap harus berhati-hati dalam menggunakan data pribadi di dunia maya.

Dia juga menyarankan agar masyarakat selalu memperbarui peramban, dan tidak memasukkan data pribadi ke perangkat publik.

Sementara itu, Hariqo Wibawa Satria pengamat media sosial Komunikonten mengatakan masyarakat perlu memahami bahwa tiap aktivitas di internet akan meninggalkan jejak yang bisa berdampak baik atau buruk.

Ia pun membagikan tips dalam mengelola jejak digital dan data pribadi di dunia maya. Yakni dengan menggunakan nama atau profil yang sama di semua akun, tidak mengunggah informasi lokasi keberadaan diri secara langsung di media sosial, dan menggunakan fitur keamanan yang tersedia.

“Hati-hati dalam menggunakan aplikasi percakapan baik pada Whatsapp ataupun di DM (direct message). Jadikan semuanya sebagai percakapan publik dan tidak ada yang sifatnya privasi di sana,” jelas Hariqo.

Masyarakat diharapkan mampu menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. (ant/des/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version