Jumat, 29 Maret 2024

Studi: Pria yang Memakai Masker Terlihat Lebih Menarik

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Orang memakai masker. Foto: Pixabay

Setelah memakai masker selama hampir dua tahun untuk mengurangi infeksi penularan Covid-19, peneliti menemukan bahwa orang terlihat lebih menarik saat memakai masker.

Profesor dari Cardiff University menilai bagaimana tipe masker berbeda mengubah daya tarik di antara sekelompok 40 pria.

Perempuan menilai wajah pria dalam empat tampilan yaitu tanpa masker, saat memakai masker kain, memakai masker medis biru dan memegang buku bersampul hitam yang menutupi area wajah yang biasa ditutupi masker.

Peneliti menemukan masker medis biru membuat pemakainya terlihat paling menarik. Dan para pria dinilai terlihat lebih baik dengan penutup wajah yang menyelubungi bagian bawah wajah mereka.

“Ini mungkin karena kita terbiasa melihat pekerja kesehatan memakai masker biru dan kita mengasosiasi ini dengan orang-orang yang peduli atau memiliki profesi medis,” kata Dr. Michael Lewis dari School of Psychology Cardiff, dalam keterangannya, dikutip Antara dari CBS46 pada Rabu (19/1/2022).

“Kita mungkin berpikir pemakaian masker medis membesarkan hati, dan merasa lebih positif kepada orang yang memakainya,” kata dia.

Sebelum Maret 2020, penelitian menunjukkan masker mengurangi daya tarik seseorang.

Peneliti yakin pandemi telah mengubah bagaimana pandangan tentang orang yang memakai masker. Alih-alih berasumsi seseorang punya penyakit, kita jadi lebih cenderung berpikir mereka peduli atas kesehatan orang lain.(ant/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs