Selasa, 5 Juli 2022

Suasana Tanjung Perak Jazz 3 di Surabaya North Quay Semakin Malam Makin Meriah

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Penampilan Dr Mik' n The Blues Project salah satu performer saat tampil di indoor stage Surabaya North Quay, Gapura Surya Nusantara, Kamis (2/6/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Alunan musik dari pagelaran Tanjung Perak Jazz yang digelar untuk ketiga kalinya pada tahun ini memenuhi setiap sudut pelabuhan di Surabaya North Quay (SNQ), Gapura Surya Nusantara.

“Semakin malam suasananya Tanjung Perak Jazz di sini semakin meriah,” kata salah satu vokalis Fusion Jazz Community, band yang menjadi pengisi acara Tanjung Perak Jazz di tengah-tengah penampilannya, Kamis (2/6/2022).

Bukan hanya penampilan berbagai musisi Jazz yang membuat suasana menjadi seru dan memanas, akan tetapi suara permainan alat musik yang mereka bawakan mengalahkan angin sejuk yang berhembus dari arah laut.

Gelaran Tanjung Perak Jazz 3 pada malam hari ini membawa konsep lokalitas untuk mendukung para musisi lokal di Surabaya khususnya musik Jazz. Hal itu disampaikan oleh FX Boy Ketua Surabaya Pahlawan Jazz (SPJ) sekaligus pendiri Tanjung Perak Jazz.

“Ini semakin memperjelas konsep, visi dan misi SPJ yang selalu mendengungkan local pride,” ujar FX Boy.

Tanjung Perak Jazz malam ini juga dihadiri oleh Emil Elistianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur yang membawakan lagu Moody Smooth ciptaan George Benson.

Menurut Emil meskipun aliran musik jazz sangat segmented, tapi dengan hadirnya Tanjung Perak Jazz 3 bisa menjadi wadah bagi semua komunitas jazz untuk menikmati momen bersama.

“Musik jazz bukan soal adu siapa yang paling megah tapi menikmati momen untuk bersama,” tutur Emil.

Emil juga yakin Kota Surabaya bisa menjadi medium untuk berkembangnya berbagai komunitas aliran musik, salah satu contohnya dengan hadirnya Tanjung Perak Jazz ini.

Tanjung Perak Jazz hari ini digelar sejak siang pukul 14.00 WIB dengan menghadirkan tiga panggung outdoor dan indoor.

Suasana di atas Surabaya North Quay, Gapura surya Nusantara saat Tanjung Perak Jazz 3 berlangsung, Kamis (2/6/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Salah satu stage yang ada di lantai paling bawah sudah selesai sejak pukul 16.00. Namun para pecinta musik Jazz masih bisa menikmati penampilan dua stage pada malam hari yang diisi oleh musisi-musisi lokal di Surabaya. Seperti di indoor stage ada Dr Mik’n The Blues Project, Orange Band, Korek Jazz, Surabaya All Star.

Sedangkan untuk di outdoor stage ada Pavoiseren, Fusion Jazz Community, Estu, Sweetswignoff, Iroel – Rino & Marina Sidik.

Meski pengunjung yang hadir cukup segmented, namun eksotisme acara yang berpadu dengan suara alat musik yang otentik itu mampu memenuhi setiap ruang di Surabaya North Quay Gapura Surya dan membalut momentum malam ini dengan penuh kehangatan.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
28o
Kurs