Rabu, 6 Juli 2022

Ratusan Musisi Lokal Akan Meriahkan Tanjung Perak Jazz 3

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur saat bernyanyi di panggung Tanjung Perak Jazz 2 tahun 2021 diiringi Fusion Jazz Community. Foto: Istimewa

Tanjung Perak Jazz 3 yang digelar pada Kamis, 2 Juni 2022 di Northquay Gapura Surya, Tanjung Perak Surabaya dipastikan meriah dengan bergabungnya musisi lokal di acara tersebut.

Lebih dari 100 musisi jazz akan tampil didukung sound sistem yang mumpuni serta dioperatori oleh sound engineer asli arek Suroboyo.

FX Boy, ketua Surabaya Pahlawan Jazz, komunitas yang menggagas Tanjung Perak Jazz mengaku keterlibatan musisi hingga sound engineer lokal untuk mempertegas kelokalan event yang sudah tergelar untuk ketiga kalinya ini.

“Ini semakin memperjelas konsep, visi dan misi SPJ yang selalu mendengungkan local pride,” ujarnya dalam konferensi pers di Omah Sae, Senin (23/5/2022).

Ia juga menjelaskan, Tanjung Perak Jazz akan kian gemerlap dengan kehadiran tiga stage yang mewadahi penampilan musisi lokal tersebut.

“Di pintu masuk ada caravan stage, indoor stage dan outdoor stage dengan sea view,” jelasnya.

Meski digelar secara mewah, Indah Kurnia CEO Tanjung Perak Jazz mengatakan protokol kesehatan tetap jadi yang terdepan dalam di acara ini. Terbukti dengan diterapkannya sistem kuota yang terbatas.

“Pengunjung nantinya dapat menikmati suasana jazz yang eksotis di tepi laut mulai dari jam 13.00 – 22.00 WIB,” terang Indah.

Event ini dapat dinikmati tanpa biaya masuk alias free.

Seputar Tanjung Perak Jazz Festival

Tanjung Perak Jazz Festival adalah pertunjukan musik Jazz yang digelar oleh kelompok Surabaya Pahlawan Jazz (SPJ). Kelompok ini secara konsisten menghadirkan music Jazz dengan orientasi utama yaitu membangun local pride (bangga dengan musisi lokal). Inilah yang membedakan festival Jazz yang diadakan oleh SPJ dengan festival lainnya yang berorientasi pada profit.

Tanjung Perak Jazz pertama berhasil digelar pada bulan Maret 2019 di Gunawangsa Mall Surabaya dengan menghadirkan 65 musisi jazz Surabaya, 7 musisi jazz Jakarta bermain di dua stage

Dua tahun kemudian Tanjung Perak Jazz kedua diadakan di bulan Oktober tahun 2021 di North Quay Gapura Surya Tanjung Perak Surabaya.

Surabaya Pahlawan Jazz resmi lahir dan berakta Notaris pada saat pandemi yaitu tanggal 12 Desember 2020. Sebelumnya para musisi Jazz ini tergabung dalam kelompok bernama Surabaya Entertainers Club.(dfn)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs