Rabu, 8 Mei 2024

Ahli Siber Bagikan Kiat-kiat Agar Terhindar dari Love Scamming

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi aplikasi kencan online. Foto: Freepik

Indriyatno Banyumurti Direktur Eksekutif ICT Watch memberikan tips keamanan dasar dalam menggunakan internet untuk terhindar dari tindak kejahatan siber love scamming, yakni dengan berhati-hati sebelum mengunggah foto maupun video di media sosial.

“Begitu kita posting online, kita tidak bisa mengambilnya kembali,” kata Indriyatno Banyumurti dalam media talk bertajuk “Cegah Perempuan Terjerat Love Scamming” dilansir Antara, Sabtu (9/9/2023).

Hal ini penting karena meskipun unggahan bisa dihapus, ada kemungkinan orang lain melakukan screen capture/merekam/screenshot ketika melihat unggahan yang kita lakukan.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak mudah percaya dengan orang tidak dikenal di media sosial dan lebih memerhatikan detil akun orang tersebut.

Reverse image adalah kita mengambil foto profil dari pelaku, lalu kita masukkan ke Google Image. Maka Google Image akan mencari foto yang sama. Mungkin kita bisa menemukan profil asli yang digunakan oleh penipu. Kemudian lihat postingan-nya, periksa follower akun-nya,” ujarnya.

Indriyatno Banyumurti juga menegaskan pentingnya meningkatkan keamanan digital dengan menggunakan password yang kuat, mengaktifkan otentifikasi dua faktor, dan rutin memeriksa kebocoran email.

“Ini penting karena (love scamming) ujung-ujungnya (mengarah pada tukar password, pengambilalihan akun sebagai alat mengancam si korban),” tuturnya.

Love scam adalah penipuan berkedok asmara, di mana pelakunya memanfaatkan trik kepercayaan yang melibatkan perasaan dengan pura-pura bersikap romantis, mencintai korban, dan berupaya mendapatkan kasih sayang korban. Setelah korban terpengaruh, kemudian pelaku melakukan penipuan.

Sebagai informasi, ICT Watch adalah organisasi masyarakat sipil yang telah menginisiasi sejumlah inisiatif dan gerakan literasi digital di Indonesia.

Dalam melaksanakan program edukasi dan advokasi literasi digital, ICT Watch berkolaborasi dengan multistakeholder (pemerintah, masyarakat sipil, sektor swasta, akademis dan komunitas teknis). (ant/bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
27o
Kurs