Minggu, 28 April 2024

AI Berhasil Hidupkan Vokal John Lennon di Lagu Terakhir The Beatles

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Paul McCartney menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menampilkan vokal asli John Lennon. Foto: AFP

Paul McCartney anggota The Beatles memakai teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk membuat lagu terakhir The Beatles yang menampilkan vokal asli John Lennon.

McCartney mengungkapkan, ia memanfaatkan AI untuk memisahkan vokal John Lennon dari rekaman demo lama yang disimpannya. Kemudian memasukkannya dalam lagu terakhir The Beatles yang akan dirilis akhir tahun ini.

“Itu berasal dari demo yang direkam John. Kami dapat mengambil suara John dan membuatnya murni melalui AI. Kemudian kami dapat menggabungkan rekaman, seperti yang biasa kita lakukan (saat membuat lagu). Jadi itu (AI) memberi Anda semacam kelonggaran,” kata McCartney dilansir Antara.

McCartney tak menyebutkan secara spesifik judul lagu yang dimaksud. Tapi banyak penggemar percaya bahwa lagu berisi vokal John Lennon tersebut berjudul “Now and Then” yang dibuat pada 1978.

“Now and Then” termasuk salah satu lagu demo dalam kaset berlabel “For Paul” yang dibuat John Lennon sesaat sebelum kematiannya pada 1980. Kaset tersebut kemudian diberikan kepada McCartney melalui Yoko Ono.

Dari empat demo di kaset tersebut, hanya dua lagu yang dianggap layak untuk dimasukkan dalam proyek “Anthology” pada 1995, yaitu lagu “Free As A Bird” dan “Real Love”.

Pada saat itu, McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr sempat mencoba untuk merekam backing track untuk lagu “Now and Then”. Namun, kualitas atau tingkat kejernihan suara Lennon cukup buruk.

Dalam rekaman aslinya, suara dengungan muncul dari komponen listrik saat Lennon merekam “Now and Then” di apartemennya.

McCartney mengatakan ide untuk mengerjakan lagu Lennon yang belum pernah dirilis ke publik itu, dipicu oleh kehadiran film dokumenter “The Beatles: Get Back” (2021) yang disutradarai Peter Jackson.

Teknologi komputer canggih digunakan untuk menjernihkan trek vokal dan instrumental lama yang ditampilkan di “The Beatles: Get Back”.

Cara itu juga sempat digunakan McCartney dalam turnya baru-baru ini, memungkinkannya untuk “berduet” dengan Lennon.

Terlepas dari penggunaan teknologi yang canggih itu, McCartney mengakui bahwa kecerdasan buatan menimbulkan kekhawatiran.

“Saya tidak terlalu sering menggunakan internet (tetapi) orang akan berkata kepada saya, ‘Oh, ya, ada lagu di mana John menyanyikan salah satu lagu saya’, dan itu hanya AI. Agak menakutkan, tapi, mengasyikkan, karena ini adalah masa depan. Kita hanya harus melihat ke mana arahnya,” kata McCartney. (ant/saf/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs