Minggu, 28 April 2024

Cegah Datangnya Masalah Kulit dengan Tiga Perawatan Dasar Mulai Usia 20-an

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi wanita mengenakan skincare. Foto: Freepik

dr. Danar Wicaksono, pakar dermatologi lulusan Universitas Gadjah Mada mengingatkan orang-orang terkait tiga dasar perawatan kulit untuk meminimalisir berbagai masalah kulit.

“Biasanya dokter kulit menyarankan tiga pilar skincare baik malam maupun siang hari, yakni cleansing, membersihkan wajah atau kulit suatu hal yang harus dilakukan,” kata dia dilansir Antara, Sabtu (29/7/2023).

Usai membersihkan, lalu lembapkan kulit. Menurut Danar, apapun jenis kulitnya, tetap butuh pelembap. Kulit yang berminyak juga butuh, namun sebaiknya pilih yang berbasis air.

Selanjutnya, lindungi kulit dengan mengenakan tabir surya.

Setelah seseorang menerapkan tiga pilar itu, Danar mengusulkan penggunaan vitamin C pada pagi dan malam hari.

Penggunaan vitamin C pada pagi hari bisa membantu mengurangi kerusakan DNA akibat terpaan sinar UV. Sementara pada malam hari, vitamin C bisa berfungsi untuk mengoreksi, menghilangkan noda gelap di kulit.

“Vitamin C dipakai terus menerus ternyata ini memiliki kemampuan membuat kulit lebih plumpy, bagus,” ungkap Danar.

Danar menjelaskan biasanya menerapkan lima langkah perawatan kulit, mulai dari pembersihan kulit, kemudian penggunaan dua jenis serum, diikuti pelembap dan tabir surya.

“Malam pun lima step. Itu berdasarkan jurnal kedokteran sampai dengan layering lima step biasanya semuanya masih tembus ke kulit,” beber dia.

Danar menyarankan seseorang mulai merawat kulit sebaiknya di usia 20 tahun-nan awal, agar nantinya terbentuk kebiasaan saat usia 30 tahun-an, karena kebiasaan merawat kulit tidak bisa muncul begitu saja.

Dia pernah menemui pasien yang baru memulai kebiasaan merawat kulit di usia 30 tahun-an. Ini menyulitkan perawatan, terutama saat ada masalah noda hitam, karena dia belum tentu mau pakai satu tahap perawatan kulit. (ant/bnt)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs