Jumat, 19 April 2024

Pentingnya Mencukur Brewok Bagi Kesehatan Kulit Wajah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi mencukur brewok. Foto : Antara

Dokter (dr) Hari Darmawan spesialis dermatologist, mengingatkan bahwa rutin mencukur rambut di wajah atau brewok sangat penting untuk kesehatan kulit.

“Dari segi medisnya, kalau wajah kita banyak ditumbuhi sama kumis, jenggot, itu sebenarnya jadi media pertumbuhan bakteri. Karena kulit kita jadi lebih lembab, pertumbuhan bakteri juga makin banyak. Sehingga bisa menimbulkan infeksi. Jadi penting banget untuk rajin bercukur agar bersih dan terawat,” kata Hari, di Jakarta, pada Kamis (20/7/2023).

Dalam laporan Antara, Hari juga mengungkapkan intensitas mencukur brewok juga akan tergantung masing-masing individu. Apabila seseorang yang memiliki hormon testosteron lebih tinggi maka rambut di wajahnya akan semakin lebat.

Namun umumnya, lanjutnya, pertumbuhan rambut di wajah sekitar 0,5 sampai satu cm per bulan. Jadi disarankan untuk bercukur minimal sekali dalam seminggu.

Agar mencegah iritasi saat bercukur, Hari juga menyarankan agar para pria mencuci wajah terlebih dulu dengan air hangat. Dengan demikian pori-pori kulit wajah akan terbuka dan kumis juga brewok pun akan lebih mudah untuk dicukur.

Sementara jika sudah terjadi iritasi, dokter spesialis dematologist itu mengimbau agar para pria menghindari sabun wajah yang mengandung banyak alkohol. Sebab, sabun yang beralkohol dapat menyebabkan luka menjadi perih.

“Jadi cukup cuci muka pakai air biasa atau gunakan sabun bayi dulu. Jangan sabun yang pH-nya terlalu basah atau terlalu banyak alkohol,” jelas Hari.

Selain itu, dr. Hari juga mengatakan pemberian moisturizer juga dapat membantu meredakan iritasi pada kulit. Jika belum membaik, maka bisa menggunakan krim yang mengandung antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi dan mencegah terjadinya keloid.

Di sisi lain, Jule seorang hair artist, juga memberikan saran agar para pria mencukur brewoknya sesuai dengan arah pertumbuhan rambut agar tidak terjadi luka.

“Kalau arah pertumbuhan rambutnya ke bawah, usahakan saat cukur itu jadinya dari atas ke bawah. Jangan dilawan. Kalau dilawan itu justru bisa menimbulkan luka. Jadi sesuaikan dengan arah pertumbuhannya,” terang Jule. (ant/dvn/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs