Jumat, 3 Mei 2024

Dokter Sebut Sarankan Cek Kesehatan Secara Rutin Gigi Sejak Kecil

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi dokter gigi sedang memeriksa gigi seorang anak. Foto: Freepik

drg. Indah Kusuma Pertiwi Praktisi Kesehatan, Dokter Gigi Spesialis Periodontik dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan menyarankan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin sejak dini.

“Bisa mulai sejak gigi susu tumbuh pada bayi rentang usia empat sampai enam bulan,” katanya dalam acara gelar wicara terkait kesehatan gigi dan mulut, yang diikuti secara daring dilansir Antara, Selasa (12/9/2023).

Selain pemeriksaan bayi dan balita di dokter anak, ujar Indah, orang tua juga perlu mengecek kesehatan gigi dan mulut anak sejak bayi, untuk  mengetahui cara membersihkan gigi dan mulut pada bayi dengan baik dan benar.

Kemudian, sambungnya, pembiasaan anak dalam melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin (dental check up) akan memberikan pengalaman yang baik saat ke dokter gigi bagi anak.

“Itu juga bisa mengurangi trauma, terutama (jika berobat) dalam kondisi sakit dan bengkak, akan banyak terdapat ketidaknyamanan pada anak yang bisa menimbulkan trauma pada anak,” tuturnya.

Dengan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin sedini mungkin, orang tua juga berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menurut Indah, menjaga kesejatan gigi dan mulut mendorong anak untuk lebih mudah makan makanan yang bervariasi dan bergizi, karena tidak merasakan rasa sakit saat mengunyah.

Pemeriksaan tersebut, imbuhnya, hanya memerlukan waktu enam bulan sekali apabila sehat dan tiga hingga empat bulan sekali jika ditemukan masalah pada gigi dan mulut.

Indah juga menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut adalah layanan yang dicakupi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Bagi yang belum mulai (pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut), sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai. Tidak ada salahnya menambahkan dental check up pada anak,” katanya. (ant/bnt/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs