Sabtu, 4 Mei 2024

Kenang Mendiang Eko Londo, Pemkot Surabaya Gelar Pertunjukan Seni Bersama Srimulat

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Cak Suro (kiri) dan mendiang Eko Londo (kanan) menghibur penonton dalam acara Pray for Kanjuruhan dari seniman Surabaya di Gedung Balai Budaya, Minggu (9/10/2022). Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Kepergian Eko Londo menyisakan duka untuk Kota Surabaya. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana menggelar pertunjukan seni menggandeng pemain Srimulat untuk mengenang sekaligus mengapresiai Eko Londo.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, pertunjukan itu bentuk apresiasi atas peran Eko Londo yang turut membesarkan Surabaya. Sama seperti kesenian yang pernah digelar selepas kepergian Sapari.

“Sebelum acara, kita akan melakukan doa bersama dengan mengirimkan Al-Fatihah, baru setelah itu kita mengenang Cak Eko Londo melalui pertunjukan seni. Mungkin akan kita lakukan di akhir bulan ini, InsyaAllah malam minggu (akhir pekan) seperti biasa yang kita lakukan di Balai Kota,” katanya lewat keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (28/11/2023).

Eri berharap, upaya ini bisa terus menggaungkan aktivitas kesenian di Kota Pahlawan. Sebab, sebelumnya, Eri juga telah menggelar kegiatan seni untuk mengenang dan menghormati kepergian Cak Sapari, yakni anggota Grup Ludruk Kartolo Cs.

“Kami kehilangan para pelawak di Kota Surabaya, setelah Cak Sapari, sekarang Cak Eko Londo. Nanti kami juga akan mengundang keluarga Cak Eko Londo. Ini bentuk rasa terima kasih warga Surabaya kepada Cak Eko Londo. Kami kenalkan juga kesenian asli Suroboyo kepada warga Kota Surabaya sehingga kesenian ini jangan sampai punah, jangan sampai terputus,” ungkapnya.

Termasuk mengajak warga meneladani sosok pelawak yang selalu memakai kostum perjuangan itu.

“Sebelum saya menjadi wali kota, saya mengenal beliau sebagai orang yang memiliki komitmen, dedikasi, dan orang yang blak-blakan, itu adalah salah satu ciri khas orang Surabaya yang melekat dijiwanya Cak Eko Londo. Bahkan setelah saya menjadi wali kota, beliau semakin keras untuk mengenalkan dan memasarkan wisata-wisata yang ada di Kota Surabaya,” jelasnya.

Sementara konsep acara yang akan digelar masih dalam pembahasan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya bersama sahabat Eko Londo, yaitu Cak Suro. (lta/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs