Sabtu, 2 Maret 2024

Konjen Australia Tampilkan Pameran Seni Kisah Penduduk Aborigin di Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Songlines, atau jalur Dreaming, yang ditampilkan pada Pameran "Walking Through A Song Line". Foto : Dovan Magang suarasurabaya.net

Dalam rangka memperingati pekan Komite Nasional Hari Aborigin dan Kepulauan (NAIDOC), Konsulat Jenderal Australia meluncurkan pameran seni instalasi digital bertajuk Walking Through a Songline di Kota Surabaya pada 1-17 Agustus 2023.

Penny Williams Duta Besar Australia untuk Indonesia mengatakan, pameran yang digelar untuk merayakan sejarah, budaya dan pencapaian penduduk Aborigin dan Selat Torres itu, dikuratori oleh Museum Nasional Australia.

“Pekan NAIDOC merupakan sebuah kesempatan untuk mempelajari budaya dan warisan penduduk asli Australia, yang merupakan budaya tertua dan berkelanjutan di dunia,” ucapnya pada Senin (7/8/2023).

Sementara Fiona Hoggart Konsul Jenderal Australia menyampaikan, songlines atau jalur dreaming memetakan rute yang diambil oleh roh leluhur saat mereka melakukan perjalanan melintasi daratan.

Dengan pameran tersebut, ia ingin dapat memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai budaya penduduk asli Australia.

“Kami senang sekali dapat membawa pameran internasional ini ke Surabaya. Ini kesempatan yang baik untuk memperkenalkan budaya penduduk asli Australia,” ucapnya.(ris/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
28o
Kurs