Minggu, 5 Mei 2024

Konjen Australia Kagumi Kekerabatan Sosial Suara Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Fiona Hoggart Konsul Jenderal Australia di Surabaya bersama Eddy Prastyo Manajer Produksi Suara Surabaya di ruang Gatekeeper Suara Surabaya, pada Jumat (17/3/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Fiona Hoggart Konsul Jenderal Australia di Surabaya berkunjung ke Suara Surabaya Center, Jalan Bukit Darmo, pada Jumat (17/3/2023).

Fiona yang datang bersama Regina Halim Asisten Eksekutif Konsul Jenderal Australia di Surabaya, diterima Eddy Prastyo Manajer Produksi Suara Surabaya di ruang komunal lantai 3.

“Sebuah kehormatan bagi saya untuk dapat memperkenalkan diri,” kata Fiona, disambut jabat erat Eddy Prastyo.

Perbincangan dibuka dengan cerita Eddy mengenai bagaimana pendapat publik kota pahlawan yang juga pendengar Suara Surabaya mengenai turis di Bali.

Untuk itu, Fiona memastikan bahwa kebanyakan orang Australia adalah wisatawan yang baik. “Indonesia dan Australia bersaudara,” ujarnya.

Fiona Hoggart Konsul Jenderal Australia di Surabaya bersama Eddy Prastyo Manajer Produksi Suara Surabaya di ruang komunal Suara Surabaya, pada Jumat (17/3/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Selanjutnya, dia menanyakan bagaimana cara Suara Surabaya menghadapi banjir informasi di media sosial.

“Suara Surabaya mengedukasi pengguna media sosialnya dengan memberikan disclaimer, bagaimana mereka melakukan self controling. Kalau ada yang memberikan info yang tidak tepat, kami lakukan prosedur jurnalistik. Hasilnya kami sampaikan agar publik belajar,” kata Eddy.

Eddy juga menjelaskan bahwa selama ini Suara Surabaya membangun kekerabatan sosial dan monitoring kebijakan yang erat dengan kehidupan masyarakat pada level lokal.

Fiona Hoggart Konsul Jenderal Australia di Surabaya memberikan cendera mata kepada Eddy Prastyo Manajer Produksi Suara Surabaya di ruang komunal Suara Surabaya, pada Jumat (17/3/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Eddy pun menjelaskan berbagai program Suara Surabaya yang melibatkan publik, swasta, dan pemerintah. Mulai dari saat pandemi dengan social movement Bergerak dari Rumah dan Keluarga Bangkit. Dilanjutkan dengan Indonesia Bangkit yang menggandeng universitas. Terbaru, Surabaya Bergerak yang menggandeng pemerintah kota untuk mengajak warga Surabaya secara sukarela membersihkan lingkungan.

Saat Eddy menyebutkan rencana pemeberdayaan UMKM, Fiona pun menawarkan kolaborasi dengan Konjen Australia untuk menyediakan narasumber ahli.

“Suara Surabaya, very serious radio station and socially progressive,” kata Fiona.

Good journalism is our way of life. Good news is good news, no news is bad news,” ujar Eddy menanggapi.

Pada kesempatan yang sama, Fiona juga melihat langsung pengelolaan laporan masyarakat di ruang Gatekeeper Suara Surabaya.

Perlu diketahui, Konsulat Jenderal di Surabaya bekerja untuk meningkatkan hubungan antara warga Australia dan masyararakat di Jawa Timur. Sekaligus untuk meningkatan perdagangan dan membangun peluang kemitraan ekonomi di Jawa Timur, termasuk di bidang jasa keuangan, pendidikan, kesehatan, manufaktur, dan infrastruktur.(iss/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs